PENGARUH DIRECT LABOR COST TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT. CAMPINA ICE CREAM INDUSTRY TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Nurlaili Fidia, Firman Aryansyah, Utti Suwirta

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penjualan pada PT. Campina Ice Cream Industry Tbk yang mengalami perkembangan fluktuatif. Hal tersebut dapat disebabkan karena volume penjualan yang tidak sesuai, pemasaran yang tidak sesuai target serta berbagai macam biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan produksi. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Gambaran Direct Labor Cost yang dikeluarkan oleh PT. Campina Ice Cream Industry Tbk (2) Gambaran Hasil Penjualan yang diperoleh PT. Campina Ice Cream Industry Tbk  (3) besarnya Pengaruh Direct Labor Cost terhadap Hasil Penjualan di PT. Campina Ice Cream Industry Tbk. Di dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantiatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Direct Labor Cost  pada PT. Campina Ice Cream Industry Tbk dari tahun 2016 sampai dengan 2020 mengalami perkembangan yang fluktuatif. (2) Hasil penjualan pada  PT. Campina Ice Cream Industry Tbk dari tahun 2016 sampai dengan 2020 mengalami perkembangan yang fluktuatif. (3) Biaya tenaga kerja langsung (Direct Labor Cost) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil penjualan pada PT. Campina Ice Cream Industry Tbk.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anwar, Mumtaz. (2009). Factors Affecting Income on Cotton Production in Pakistan: Empirical Evidence from Multan District. Dalam Journal of Quality and Technology Management, Volume V Issue Hal. 91-100. Pakistan: Bahauddin Zakariya University Multan. [Online]. Tersedia: http://mpra.ub.uni-muenchen.de/id/eprint/22829 [12 Mei 2022].

Firmansyah, Taopik dan Darsawati, Eris. (2016). Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung Dan Biaya Promosi Terhadap Tingkat Laba Bersih Perusahaan Pada PD. Mochi Lampion Kaswari Periode 2012-2014. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi [ISSN 20886969] Vol. 5 Edisi 9. [Online]. Tersedia: https://eprints.ummi.ac.id/55/ [17 Desember 2021].

Ibrahim, Taufik. (2011). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran dan Gaji Karyawan terhadap Hasil Penjualan Pada Anggrek Catering di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Ekonomi pada Universitas Negeri Semarang.

Jasmani. (2018). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan (Studi PT. Baja Perkasa Jakarta). Jurnal Semarak P-ISSN 2615-6849 E-ISSN 2622-3686 Semarak,Vol. 1, No.3, (1-20) [Online]. Tersedia: https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/smk/article/view/2256 [20 Desember 2021]

Mulyadi. (2009). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nurlela, I. (2021). Pengaruh Penetapan Harga Jual terhadap Volume Penjualan. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (3), 179-184.

Nofrianti. (2020). Analisis Raw Material Cost, Direct Labor Cost Dan Factory Overhead Cost Dalam Menetapkan Cost Of Goods Manufactured (Studi pada Penyulingan Minyak Daun Cengkeh Kec. Gantarang Kab. Bulukumba). Skripsi. Makassar: Program Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Wahyu, F. S. (2021). Pemanfaatan instagram sebagai media alternative IPA dalam masa pembelajaran jarah jauk (pjj). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 81-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8678

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.