Sari
Keputusan mengenai kemasan banyak didasarkan pada pertimbangan biaya dan produksi. Akan tetapi sekarang ini ada berbagai macam faktor yang memungkinkan meningkatkan penggunaan kemasan sebagai sebuah sarana yang penting. Kemasan dapat melindungi produk dari kerusakan, karena kemasan memenuhi sasaran keamanan dan kemanfaatan. Selain iu kemasan mempunyai daya tarik sehinga dapat dijadikan alat untuk menghadapi para pesaing dalam meningkatkan volume penjualan dan akan berpengaruh pada harga pokok produksi. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui: 1) Biaya kemasan pada PD. Azkia Snack Ciamis. 2) Harga pokok produksi pada PD. Azkia Snack Ciamis. 3) Besar perngaruh biaya kemasan terhadap harga pokok produksi pada PD. Azkia Snack Ciamis. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif, penulis akan menganalisis secara deskriptif mengenai pengaruh biaya kemasan terhadap harga pokok produksi pada PD. Azkia Snack Ciamis. Teknik pengumpulan data pada penulisan ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulisan ini menghasilkan kesimpulan: 1) Biaya kemasan PD. Azkia Snack Ciamis dalam lima tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan oleh adanya upaya perusahaan untuk selalu memperbaiki kualitas kemasan dan memberikan inovasi terhadap kemasan agar selalu menarik perhatian konsumen. 2) Perhitungan harga pokok produksi pada PD. Azkia Snack Ciamis yang selama ini diterapkan dengan menggunakan metode full costing dilakukan secara lebih rinci dan menghasilkan harga pokok produksi yang lebih besar. Hal tersebut sebanding dengan biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan biaya kemasan terhadap harga pokok produksi pada PD. Azkia Snack Ciamis. Hal ini berarti semakin ditingkatkannya biaya untuk kemasan dalam upaya memperbaiki kualitas kemasan dan membuat inovasi terbaru terhadap kemasan maka menyebabkan peningkatan pada harga pokok produksi.
Referensi
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Buchory, Herry Achmad dan Djsalim Saladi. 2010. Manajemen Pemasaran (Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab). Bandung: Linda Karya
Diana, Machfud Raysa. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Cv Langganan. Jurnal JSIKA Vol. 7, No.2.
Lasena, Sitty Rahmi. 2013. Analisis Penentuan Harga Pokok Poduksi pada PT. Dimembe Nyiur Agripro. Jurnal EMBA. (Volume No.3: 585-592)
Lestari, Rita Meila. 2017. Pengaruh Saluran Distribusi dan Biaya Kemasan Terhadap Volume Penjualan. Skripsi. Ciamis Program Sarjana Universitas Galuh Ciamis.
Resmi, Nanda. 2015. Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 13 No. 1
Setiawan, Nova. 2016.Pengaruh Efisiensi Biaya Bahan Baku Terhadap Penentuan Harga Pokok Produksi. Skripsi. Ciamis. Program Sarjana Universitas Galuh Ciamis
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Yogyakarta: CAPS