IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Roro Tsabita Imanisa, Adang Effendi

Sari


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sangat penting untuk dikuasai, terutama untuk mengembangkan konsep-konsep matematika secara fluency, flexibility, originality dan elaboration yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berpikir kreatif matematis akhir-akhir ini menjadi isu penting untuk dikembangkan dalam kajian pembelajaran matematika. Namun berpikir kreatif matematis belum menjadi tujuan utama dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majenang yang terdiri dari sepuluh kelas. Adapun sampelnya dipilih dengan teknik purposive sampling dan yang terpilih yaitu kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika. Hasil dari hipotesis penelitian diterima. Tidak menutup kemungkinan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dipicu oleh pembelajaran dengan pendekatan RME yang dalam pelaksanaan pembelajarannya selalu menitikberatkan pada matematika dalam dunia nyata yang dekat dengan kehidupan siswa. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussakir. (2010). Realistic Mathematics Education ( RME ) dan Penerapannya di MI. 1, 3–6.

Atika, S. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di SLB Al Ishlaah Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(3), 747–755.

Draper, R. (2002). literacy : A case for literacy instruction in the reform-oriented math classroom.

Ismaimuza, dasa. (2010). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa smp.

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students ’ Mathematical Concept Understanding. 91–100.

Munandar, U. (2012). pengembangan kreativitas anak. http://katalogdinperpusardemak.perpusnas.go.id/detail-opac?id=32258

Ramadhani, M. H., & Caswita. (2017). PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION. 265–272.

Sanusi. (2014). Universitas Islam Negeri Walisongo. March, 1–6.

Sugiyono. (2015). Developing a model of competency and expertise certification tests for vocational high school students. REiD (Research and Evaluation in Education), 1(2), 129–145.

Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 176–186.

Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students ’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. https://doi.org/10.5899/2017/metr-00093




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8747

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.