KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA

Rizky Nur Afifah, Yoni Sunaryo, Angra Meta Ruswana

Sari


Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih rendah. Pembelajaran matematika tidak hanya membentuk siswa menjadi paham dengan materi-materi matematika saja, akan tetapi kemampuan lain yang dimiliki siswa ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika seperti kemampuan berpikir matematis. Salah satu jenis kemampuan berpikir matematis yaitu kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu bagian penting dalam matematika, karena merupakan alat bantu dalam transmisi pengetahuan matematika atau sebagai pondasi dalam membangun pengetahuan matematika. Selain itu, self-confidence juga merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, karena seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan yakin dengan kemampuannya untuk menyelesaikan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-confidence tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 15 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah intrumen tes kemampuan komunikasi dan angket self-confidence. Pokok bahasan materi yang dibahas dalam soal tes yaitu materi matriks. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan self-confidence tinggi dapat memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu indikator written text, drawing dan mathematical expressions, siswa dengan self-confidence sedang dapat memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis. Subjek S-1 dapat memenuhi indikator 1 (written text) dan indikator 3 (mathematical expressions), sedangkan subjek S-2 dan S-3 dapat memenuhi indikator 1 (written text) dan indikator 2 (drawing), siswa dengan self-confidence rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu semua subjek R-1, R-2 dan R-3 dapat memenuhi indikator 1 (written text).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfitri Rizqi, A., Suyitno, H. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/12911

Astuti, N. D., & Purwanto, S. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Google Meeting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1183–1192. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V5I2.613

Hendriana, H., Tinggi, S., Ilmu, K., & Siliwangi, P. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52–60. https://doi.org/10.18269/JPMIPA.V19I1.36152

Lutfianannisak, L., & Sholihah, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21274/JTM.2018.1.1.1-8

Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self-Confidence dengan Kmemampuan Komunikasi Matematik Siswa SM. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 479–486. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I4.P479-486

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V7I3.133

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 704–709. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241

Rianto, H., & Santoso, R. H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inquiry dan Problem Solving terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/PG.V9I1.9055

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin, S. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/12911

Salahuddin, I. (2018). Pengaruh Kemampuan Awal, Kepercayaam Diri, Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2). https://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1054

Saragih, S., & --, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA/MA di Kecamatan Simpang Ulim melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(2), 174. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i2.275

Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik serta Self Confidence Siswa dengan Menggunakan Model Brain-Based Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 48. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4490

Sritresna, T. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419–430. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V6I3.330




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8769

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.