MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED

Yayang Ayu Nuraini, Toto Toto, Ai Tusi Fatimah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended dibandingkan dengan model pembelajara discovery learning dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 4 Rancah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa dengan pokok bahasan lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji dua pihak dengan uji nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik; kualitas peningkatan kemampuan representasi matematis siswa untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan pendekatan open ended termasuk kedalam kategori tinggi sedangkan kualitas peningkatan kemampuan representasi untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik termasuk ke dalam kategori sedang.Kata Kunci:           Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran ATI, Pendekatan Open Ended.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astin, A. E., & Bharata, H. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Prosiding: Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNMP 1) UMS, 20, 631–639.

Bagus, C. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234

Kurniati, R., & Astuti, M. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 1–18.

Lestari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Gantang, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.478

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Nisa, E. H. K., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran ATI dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa ditinjau dari Kemandirian Belajar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 244–252.

Nurdiana, R., & Asmah, S. N. (2021). Pengembangan Kemampuan Representasi Matematis untuk Meningkatkan Number Sense Siswa melalui Soal Berbasis Open Ended. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 3(3), 738–748.

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., Basir, M. A., Matematika, P., Islam, U., & Agung, S. (2018). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN BERDASAR GAYA BELAJAR HONEY MUMFROD. KONTINU: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 60–72.

Sirad, L. O., Susanti, G., & Adawiah, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigation Dengan Pendekatan Open Ended Problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp23-32

Susanti, V. D. (2018). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN PENDEKATAN CTL DITINJAU DARI KEDISIPLINAN MAHASISWA. Aksioma : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–9.

Yenti, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (Ati) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, III(1), 62–75. http://www.ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/26




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8792

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.