PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Pina Marlina, Yoni Sunaryo, Lala Nailah Zamnah

Sari


Penelitian dilakukan di MA Babussalam Cipaku dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi fungsi kelas X MA Babussalam Cipaku tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas X. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Babussalam Cipaku. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, dengan Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh, kelas X-I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan X-2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data menggunakan uji-t. berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung, sehingga dapat disompulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532

Anggraeni, A. F., Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2021). Analisis kesalahan pemahaman konsep matematis siswa smk kelas xi pada pokok bahasan dimensi tiga. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(2), 135–148.

Anisa, R. N., Ruswana, A. M., Zamnah, L. N., Studi, P., Matematika, P., Galuh, U., & No, J. R. E. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Smp Pada Materi Aljabar. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 237–242.

Asih, E. S. B., Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7, 146.

Fajriah, N., & Sari, D. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2291

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(1), 10–17.

Ruchaedi, D., Suryadi, D., & Herman, T. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah Dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.331

Saefulloh, Y. A., Sunaryo, Y., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab. 2(3), 95–102.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706

Zamnah, L. N., Amam, A., & Maulana. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Maulana1,. 2(2), 1–8.

Zulkarnain, I., & Amalia Sari, N. (2014). Model Penemuan Terbimbing dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 240–249. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.619




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8855

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.