MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM

Khoerunisa Herlina, Tati Heryati, Samiri Samiri

Sari


Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor, model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada mata pelajaran ekonomi yaitu model pembelajaran aktif tipe quiz team. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Metode Belajar aktif tipe Quiz Team pada pengukuran awaldan pengukuran akhir; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Metode pembelajaran Konvensional pada pada pengukuran awal dan pengukuran akhir; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Quiz Team dengan yang menggunakan  Metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data digunakan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Metode Belajar aktif tipe Quiz Team pada pengukuran awal dan pengukuran akhir; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Metode pembelajaran Konvensional pada pada pengukuran awal dan pengukuran akhir; 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe quiz team lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir. Kata Kunci: model, pembelajaran aktif, quiz team, hasil belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahsan Taqwim. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team TerhadapPeningkatan Hasil Belajar Fikih Siswa. Volume 4 No.2, (http://ejornal.stai.id). Diakses 06 September 2022.

Gustia, Rohfi. 2017. Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA PGRI Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team

(http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3029). Diakses 06 September 2022.

Maharani, Dkk. 2019. Peningkatan dan Aktivitas Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media teka Teki Silang. Vol. 3 No. 2.

(https://ejournal.undiksha.ac.id). Diakses 06 September 2022.

Mulyono, Nono. 2015. Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Pratiwi, Indmas Tresna. 2021. membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe teamquiz terhadap tingkat pemahaman siswa Kelas V di madrasah ibtidaiyah negeri 2 Ponorogo. Vol 6, No 2.(https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id). Diakses 06 September 2022.

Rizal Hadi. 2022. Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA PGRI Prabumulih. Vol 6, No 1, (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id). Diakses 06 September 2022.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Satriana Sitio. 2018. Membahas tentang Penerapan Strategi PembelajaranAktif Tipe Quiz Team UntukMeningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.Vol. 1 No. 1.

(ttps://journal.universitaspahlawan.ac.id) Diakses06 September 2022.

Wasiyah. 2014,. Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol 2, No 1. (https://jurnal.unimed.ac.id).Diakses 06 September 2022.

Wulantika, Alyuni, et al.2014."Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Keaktifan Bertanya Pada Siswa SMA Negeri 1 Karangpandan. Vol 3, No 3. (https://jurnal.uns.ac.id). Diakses 06 September 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.8991

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.