SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN DARING

Hilman Hilman

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dimana dengan adanya pandemik Covid 19, pembelajaran dilakukan dengan sistem daring, sementara guru belum memiliki pengalaman dalam penyusunan administrasi pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran dengan sistem daring. Penelitian  ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dalam dua siklus yang dilakukan melalui tahapan pelatihan terkait pembelajaran dengan sistem daring kemudian dievaluasi dengan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah guna mengetahui peningkatan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran dengan sistem daring. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti selaku Kepala SDN 1 Tanjung, peneliti mempunyai penilaian hasil supervisi akademik yang dilakukan guna meningkatkan kinerja guru sudah terbilang efektip. Hal ini dilakukan dengan beberapa tahapan, antara lain melaksanakan pelatihan guru mengenai penyusunan administrasi pembelajaran dan penyusunan bahan ajar pada pelaksanaan pembelajaran dengan sistem daring, dilanjutkan dengan pelaksanaan supervisi akademik berupa observasi pelaksanaan pembelajaran daring, hasil dari supervisi akademik berupa penilaian yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik. Kendala yang terjadi adalah dimana sebagian besar peserta didik SDN 1 Tanjung terhambat dikarenakan kurangnya signal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elfita, R., Zulhaini., & Mailani, I. (2019). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru pendidikan agama islam di MTs negeri sentajo filial singingi kecamatan singingi kabupaten kuantan singingi. Jurnal AL-HIKMAH, 1 (1), 37-55.

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Hendarman. (2015). Revolusi Mental Pengawas Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Hilman. (2021). Meningkatkan kompetensi profesional guru pada pembelajaran daring melalui supervisi akademik kepala sekolah. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(10), 1063-1072.

Huda, S. (2018). Academic Supervision of Madrasah Supervisors in Improving Professional Competencies of Teachers. Journal Of Islamic Education, 23 (2). 155-163.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nabila, M. N., & Haq, S. M. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik Dalam Memperbaiki Kompetensi Profesional Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09 (05), 257-1272.

Pambudi, B. A., & Gunawan, I. (2020). The Effect of Learning Leadership and Academic Supervision on Teacher Teaching Skills in the Covid-19 Pandemic. Education and Humanities Research, Vol 501.

Wijaya, I. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Professional. CV Jejak.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.9009

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.