PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEL (DI MAN 2 CIAMIS)

I'anatul Muhtaromah Selan, Euis Erlin, Warsono Warsono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman siswa siswa setelah diterapkannya Pengaruh Blended Learning Berbantuan Google Clasroom Terhadap Peningkatan Kemampuan pemahaman siswa pada Materi Sel. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-Postest. Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel yang dipilih secara Sampling Purposive. Sampel yang digunakan siswa kelas Xl IPA 3 sebanyak 32 orang siswa untuk dijadikan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah Pretest-Postest untuk mengetahui kemampuan Pemahaman siswa melalui pembelajaran Offline dan pembelajaran online dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Hasil analisis data yang diperoleh nilai Z hitung > Ztabel yaitu 1,75 > 651. Maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh Blended Learning Berbantuan Google Classroom terhadap peningkatan kemampuan pemahaman siswa kelas Xl IPA-3 (di MAN 2 Ciamis). Kata kunci: Blended Learning, kemampuan pemahaman siswa, Google Classroom, Mind Mapping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustini Susi, dkk. 2019. Pengaruh Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal ilmiah FKIP Universitas Subang. (online) Vol. 5,

No. 01

Hakim, AB. (2016). “Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo.

I-statement: information system and technology management”. 2(1): 2442-8337.

Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus.

Universitas Negeri Semarang.

Mulyono. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung . Rizki Press

Mulyono. (2015) .Pengelolaan Pendidikan. Bandung . Rizki Press

Rippi, M & Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities:Experiment with

Undergraduate Student by Using Modified More Learning Approach. Indonesian

Mathematical Sociaty Journal on Mathematics Education, Vol. 2 No. 2 Tahun 2011. 231-250.

(Online: 3 November 2013)

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung. Alfabeta.

Staker,H., Horn, M.B. 2012. Classifying K-12 Blended Learning. Innosight Insitute

Twigg, C. (2003). Improving Learning and Reducing Costs: New Models for Online Learning.

Educause Review, 38(5). 28-38.

Tirtawati R.”Isolasi Mandiri Covid-19 Dengan Daring Pjbl Berbasis Mind Mapping Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Biologi”.Journal Of Education Action Research . 4 (4) : 393 –

Wulandari A.F , Mawardi, dan Wardani W.K. (2019) .”PeningkatanKeterampilan Berpikir Kreatif

Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping” .Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar . 3 (1) :

– 16




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.