MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VI SDN 2 KARANGPARI

Maman Suparman

Sari


Dewasa ini tumbuh kesadaran yang semakin kuat dikalangan dunia pendidikan bahwa proses belajar mengajar akan lebih efektif apabila siswa aktif berpartisipasi dalam proses tersebut. Banyak kalangan siswa yang menganggap bahwa belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di meja belajar. Namun permasalahan yang lebih menonjol dan sering muncul yaitu adanya anggapan siswa bahwa IPS adalah pelajaran hafalan yang membosankan dan menjenuhkan, sehingga hal tersebut menyebabkan hasil belajar mereka rendah. Terkait belum optimalnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Karangpari maka penulis berupaya untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada Pokok Bahasan Negara-Negara Tetangga sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus ada 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,29%, siklus II adalah 90,32%. Hasil belajar siswa meningkat 29,03% dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang- kurangnya ketuntasan klasikal mencapai 75% dengan KKM IPS kelas VI SDN 2 Karangpari adalah 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belaja siswa kelas VI SDN 2 Karangpari tahun ajaran 2019-2020.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2011. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru.

Hidayati, dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: bumi Aksara.

Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik(Teori, Praktik, Dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Khon, Majid, Abdul. 2012. Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan. Jakarta: Prenaijamedia Group.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulana, Panji &Aulia Akbar. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2).

Mulyono, M. Anton. 2000. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9351

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.