EKSPLORASI KONSEP-KONSEP BANGUN DATAR PADA BUDAYA KAMPUNG KUTA

Roman Wijaya, Nur Eva Zakiah, Yoni Sunaryo

Sari


Kampung Kuta merupakan sebuah perkampungan adat yang masih memegang teguh kearifan lokal serta adat istiadat yang berlaku turun-temurun sejak dulu. Ada 3 hal utama yang berkaitan erat dengan Kampung Kuta diantarnaya adalah Masyarakat, Aturan dan Bangunan. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kurikulum Merdeka Belajar yang memberikan keluasan bagi pendidik dan siswa untuk mengembangkan pembelajaran seinovatif mungkin. Penelitian ini mengaitkan Konsep Bangun Datar dengan Budaya Kampung Kuta khususnya dalam arsitektur bangunan. Konsep bangun datar yang digali meliputi Segitiga, trapesium, Persegi Panjang, Persegi. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi konsep-konsep bangun datar yang terdapat bada bangunan Kampung Kuta diantaranya Rumah Adat yang beberapa bentuk yaitu Gagajahan, Jure, Julangapak, Pasangrahan, Masjid, Gapura Masuk Kampung Kuta, dan Saung Lawang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yang mengintegrasikan kajian teoritis dan empiris yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara di lapangan sebagai instrumen pengumpul data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bangunan-bangunan yang terdapat di Kampung Kuta memiliki berbagai konsep bangun datar yaitu konsep segitiga, segi empat, trapesium sama kaki, persegi panjang. Temuan dan hasil yang didapatkan kemudian dimanfaatkan menjadi soal-soal yang dapat diberikan kepada siswa dalam proses pembelajaran.  Penelitian tentang matematika berupa konsep bangun datar yang terdapat pada bangunan Kampung Kuta diharapkan dapat menumbuhkan karakter siswa yang bangga dan cinta terhadap budaya bangsanya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, M. C. (2012). Etnografi Virtual Sebuah Tawaran Metodologi Kajian Media Berbasis Virtual. Ilmu Komunikasi, 2(2), 166–178.

Ciamis, D. (2022). Kebudayaan Ciamis. 2022. https://disbudpora.ciamiskab.go.id/category/kebudayaan/

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika Pada Lopo Suku Boti Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443

Fajarini, S., & Dhanurseto, D. (2019). Penerapan Budaya Pamali Dan Adat Istiadat Dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Adat Kuta Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 23–29. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.942

Fitriani, S., Somakim, S., & Hartono, Y. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Jambi Kota Seberang. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 145. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.565

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14–23.

Hermawan, R. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan PemahamanSiswa Tentang Bangun Datar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2765

Khaerunnisa, E., Setiani, Y., & Rafianti, I. (2018). Analisis Keteraturan Matematis Pada Budaya Banten. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.707

Kusmayadi, Y. (2022). "Galuh” Dan Ciamis: Sebuah Tinjauan Historis Dan Filosofis Dalam Urgensi Perubahan Nama Kabupaten. Jurnal Artefak, 9(1), 39. https://doi.org/10.25157/ja.v9i1.6981

Nirmalasari, D., Sampoerno, P. D., & Makmuri, M. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep-Konsep Teorema Pythagoras Pada Budaya Banten. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 161–172. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5472

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah Ethnomathematics at the sumur purbakala Kaliwadas Village of Cirebon and relationship with mathematics learning in school. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210.

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings of The International Conference on University-Community Engagement, 715–726.

Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau dari Self-Confidence Siswa. Teorema, 2(2), 93. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1071

Winarno, K. (2015). Memahami Etnografi Ala Spradley. Smart, 1(2), 257–265. https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.256.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9791

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.