PENINGKATAN KEMAMPUAN CIPTA PUISI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII-E SMPN 3 SITURAJA

Yanyan Mulya Gantini

Sari


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran, keterampilan menulis puisi setelah menggunakan model Picture and Picture di SMPN 3 Situraja Kabupaten Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Berdasarkan hasil analisis nilai hasil kegiatan pembelajaran menulis puisi sebagai hasil observasi (pretest) sebelum mengunakan model dan setelah menerapkan model Picture and Picture menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata puisi siswa sebelumnya sebesar 58,62. Nilai rata-rata puisi siswa di akhir pembelajaran dengan model Picure and Picture pada siklus I sebesar 78,25 atau 78,25%. Jadi dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi sesudah tindakan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 19,63. Skor rata-rata keseluruhan aspek yang diamati dalam puisi siswa pada siklus II pertemuan terakhir adalah sebesar 93,00 atau 93%. Terdapat peningkatan sebesar 14,75. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi sudah di atas nilai ketuntasan minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat mengefektifkan proses pembelajaran khususnya keterampilan menulis puisi yang membutuhkan daya kreasi dan imajinasi yanglebih tinggi dari peserta didik, meskipun masih ada siswa yang nilainya masih kurang. Jadi, penelitian ini dianggap perlu untuk dilanjutkan pada penelitian berikutnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andhika, A., Suhita, R., & Hastuti, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. 4(1).

Hamdayama, J. (2014). Model & Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalla Indonesia.

Puspasari, Q. K., & Setyaningsih, N. H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Model Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 9(1).

Rahayu, S. (2015). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar pada Siswa Menengah Pertama. Kajian Linguistik dan Sastra. 27(2).

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.9869

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.