Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan TPACK Berbantuan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas X SMA Al Ma’soem

Rita Permata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan TPACK berbantuan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis puisi di kelas X-8 SMA Al Ma’soem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 32 peserta didik. Data yang dihimpun dalam penelitian ini adalah hasil pre-test dan post-test peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata peserta didik pada pre-test adalah 82, sedangkan pada hasil post-test naik menjadi 88. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan TPACK berbantuan media gambar berseri mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada peserta didik. Studi selanjutnya dapat dilakukan untuk membandingkan dengan metode pengajaran konvensional.

Keywords

Project Based Learning; TPACK; Gambar Berseri; Menulis Puisi

Full Text:

PDF

References

Fadlla, Ihda. “Mental Illness (Gangguan Mental)” www.hellosehat.com. Diakses pada Rabu 19 Juli 2023. https://hellosehat.com/mental/penyakit-mental/

Gloriabarus. “Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental” www.ugm.ac.id. Diakses pada Rabu 19 Juli 2023. https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil- survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/

Nurgara, Jevi. “Mengenal Kesehatan Mental Menurut WHO” www.merdeka.com. Diakses pada Rabu 19 Juli 2023. https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-kesehatan-mental-menurut-who-berikut- penjelasan-lengkapnya-kln.html?page=2

Ummah, Maulidah Nuring. “Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Media Gambar Seri Pada Peserta didik Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018” http://repository.unmuhjember.ac.id. Diakses pada Rabu 19 Juli 2023. http://repository.unmuhjember.ac.id/7731/1/ARTIKEL.pdf

Solissa, Everhard Markiano1 & Lesly Chriselya Wattimury2. “Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi melalui Media Gambar Berseri Peserta didik Kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Ambon”. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 13, no. 02 (2020): 217-218.

Afifah, Yulistio, D dan Kurniawan, R. “Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu”. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 6, no.2 (2020):73.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.