Literatur Review: Bentuk Scaffolding pada Pembelajaran Matematika

Yoni Sunaryo, Sri Solihah, Lia Yulisma, Dwi Alyani Rukmana

Abstract

Pemberian bantuan dari guru maupun teman sekelas merupakan hal yang penting pada kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Bantuan yang diberikan bertujuan untuk menghubungkan pengetahuan siswa pada materi sebelumnya ke materi yang akan dipelajari sehingga siswa terbantu dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran atau desain scaffolding yang dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran matematika. Desain scaffolding yang dihasilkan dapat diintegrasikan pada pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini merupakan literatur review yang dilakukan terhadap 5 artikel yang berasal dari jurnal nasional terakreditasi sinta yang diperoleh dari Google Scholar dengan batasan publikasinya adalah 10 tahun terakhir. Selain dari artikel, literatur review juga dilakukan pada 1 buku. Hasil dari kajian literatur diketahui bahwa terdapat inti pada scaffolding yang dapat disingkat dengan EDR yakni explaining, developing conceptual thingking, dan reviewing. Explaining yakni menjelaskan, memaparkan, dan menerangkan sesuai dengan kebutuhan siswa, developing conceptual thingking dengan cara mengajak siswa mengingat-ngingat kembali materi yang berkaitan, reviewing adalah mengecek atau memeriksa hasil pekerjaan siswa dan melanjutkan ke tahap explaining dan developing conceptual thinking kembali apabila hasil reviewing belum sesuai dengan harapan. Penggunaan EDR disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan diintegrasikan pada sintak model pembelajarannya.

Keywords

Desain Scaffolding; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References

Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93

Fadilla, P., Koryati, D., & Djumadiono. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffoldingterhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 1, 65.

Haataja, E., Garcia Moreno-Esteva, E., Salonen, V., Laine, A., Toivanen, M., & Hannula, M. S. (2019). Teacher’s visual attention when scaffolding collaborative mathematical problem-solving. Teaching and Teacher Education, 86, 102877. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102877

Hamzah, H., & Rozimela, Y. (2018). The Use of Scaffolding By English Teachers At Senior High School in West Sumatera. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 12(1), 25. https://doi.org/10.24036/ld.v12i1.10195

Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2016). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 1–6.

Hasan, B. (2015). Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.169

Khalil, M., Khalil, U., & ul Haq, Z. (2019). Geogebra as a Scaffolding Tool for Exploring Analytic Geometry Structure and Developing Mathematical Thinking of Diverse Achievers. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 427–434. https://doi.org/10.29333/iejme/5746

Kusmaryono, I., Ubaidah, N., & Rusdiantoro, A. (2020). Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Matematika. In Unissula Press.

Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2020). Tinjauan Sistematis: Strategis Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 102–117. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.1.6114

Merliza, P., Ralmugiz, U., & Waritsman, A. (2016). Role Of Scaffolding Toward Enhancing Understanding Of Low-Achieving Students ( LAS ) In Mathematics Learning. Proceeding Of 3rd International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Science, May 16–17.

Murdiyani, N. M. (2013). Scaffolding to support better achievement in mathematics. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 84.

Paruntu, P. E., Sukestiyarno, Y., & Prasetyo, A. P. B. (2018). Analysis of Mathematical Communication Ability and Curiosity Through Project-Based Learning Models With Scaffolding SMP Negeri 18 Halmahera Utara, Maluku Utara, Indonesia 2. Ujmer: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 26–34. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Retnodari, W., Elbas, W. F., & Loviana, S. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. Linear: Journal of Mathematics Education, 1(1), 15–21.

Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 7(1), 1–10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.