Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Putus Sekolah Melalui Pelatihan Keahlian Demi Mengentaskan Kemiskinan di Kecamatan Bungursari, Kelurahan Sukarindik, Kota Tasikmalaya

Mohammad Ali Andrias, Sidik Firmadi, Budi Chrismanto Sirait

Abstract

Pengabdian pada masyarakat yang akan dilakukan ini dilakukan dengan skema Pengabdian Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan, pengabdian ini dilakukan untuk menindaklajuti hasil observasi pemetaan profil, permasalahan dan potensi yang ada di Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, hasil observasi lapangan ditemukan permasalahan di wilayah Kecamatan Bungursari mengenai banyaknya Kepala Keluarga yang berprofesi sebagai buruh lepas atau harian, yang mana hal tersebut berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi dan tingkat Pendidikan anak-anak nya menjadi kurang diperhatikan. Ditemukan data bahwa anak-anak putus sekolah di Kecamatan Bungursari rata-rata tidak dapat melanjutkan Pendidikan dikarenakan kondisi orangtuanya yang masih dibawah garis kemiskinan. Hal tersebut membuat mereka bekerja serabutan bahkan ada beberapa diantaranya yang menjadi pengemis jalanan yang mengganggu. Pemberdayaan masyarakat kali ini akan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan pentingnya pedidikan bagi anak dan pelatihan keahlian bagi mereka sehingga mereka dapat menggunakan keahliannya tersebut untuk membiayai hidupnya dan juga membantu keluarganya.

Keywords

Pendidikan Anak Putus Sekolah; Pengentasan Kemiskinan; Peningkatan Ekonomi

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safrudin Abdul. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basri, Hasan dan Rusdiana, A. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung : Pustaka Setia

Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru dari Pra-jabatan ke Profesional. Jakarta : Kencana Praneda Media Group.

Fitri, A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Di Sekolah. Depok: Ar-Ruzz Media.

Gymnastiar, A. 2012. Membangun Karakter Baku (Baik dan Kuat). Bandung: Sms Tauhiid.

Hanafi, A. 1981. Memasyarakatkan Ide-ide Baru. Surabaya: Usana Offset Printing.

Kamil, M. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Kartika, I. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, D. 2007. Sistem dan Manajemen Pelatihan Teori & Aplikasi. Bandung: Falah Production.

Sudjana, D. (2001). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Falah Production.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.