Etnomatematika Pada Kostum Tarian Manuk Janur Kota Banjar

Sri Ayu Fuadah, Adang Effendi, Asep Amam

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk sikap logos, kritis, cermat dan disiplin. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengaitkan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa dengan pemahaman di lingkungan sekitarnya. Karena itulah penting bahwa pembelajaran matematika harus dimuali dari kehidupan dan kebudayaan yang ada dan berkembang di sekitar lingkungan tempat tinggal. Integrasi matemtatika dalam budaya dikenal dengan istilah etnomatematika. Etnomatematika dikenal dengan pembelajaran matematika yang mengaitkan unsur-unsur budaya dalam menanamkan konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur matematika yang terkandung di dalam kostum tarian manuk janur. Penelitian ini dilakukan di salah satu desa Kota Banjar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya konsep matematika pada kostum tarian manuk janur berupa konsep geometri bangun datar, bangun ruang dan transformasi geometri.

Keywords

Etnomatematika; Kostum tarian manuk janur

Full Text:

PDF

References

Arya, I. G. A. P., Rahayu, K., Studi, P., & Matematika, P. (2016). BUDAYA DAN IMPLIKASINYA

TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG KREATIF. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6. Destrianti, S., Rahmadani, S., Ariyanto, T., Tarbiyah, F., & Curup, I. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. 2(September), 116–132.

Hermira, E., Elviana, M., Ernalira, P., & Malinda, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Busana Ninik Mamak di Kabupaten Kampar. Journal of Education Research, 4(1), 142–160.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia. Nofitasari, L., Mastur, Z., & Mashuri. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya

Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(1), 54–61.

Normina. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA. November.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.