Arsitektur Rumah Adat Kampung Kuta sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Kualitas Pendidik Abad 21

Dewi Ratih, Wulan Sondarika, Yadi Kusmayadi

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut pendidik memiliki kemampuan pedagogik yang kontekstual, reflektif, dan berakar pada lingkungan sosial-budaya peserta didik. Salah satu pendekatan yang relevan untuk menjawab tuntutan tersebut adalah pemanfaatan kearifan lokal sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengkaji arsitektur rumah adat Kampung Kuta sebagai media pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam rangka penguatan kualitas pendidik abad ke-21. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian pendidikan berbasis konteks budaya. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dengan tokoh adat dan pendidik, serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur rumah adat Kampung Kuta, yang dibangun berdasarkan sistem nilai pamali, mengandung nilai keselarasan ekologis, kesetaraan sosial, disiplin kolektif, dan keberlanjutan lingkungan. Nilai-nilai tersebut berpotensi dikembangkan sebagai media pembelajaran kontekstual dan interdisipliner. Pemanfaatan arsitektur rumah adat Kampung Kuta berkontribusi pada penguatan kompetensi pedagogik kontekstual, literasi budaya dan historis, kreativitas pembelajaran, serta sensitivitas sosial dan ekologis pendidik. Penelitian ini menegaskan bahwa arsitektur tradisional tidak hanya berfungsi sebagai warisan budaya, tetapi juga sebagai sumber pedagogis strategis untuk meningkatkan kualitas pendidik abad ke-21.

Keywords

arsitektur rumah adat; kearifan lokal; kualitas pendidik; pembelajaran kontekstual; pendidikan abad ke-21

Full Text:

PDF

References

Adimihardja, K. (1992). Kearifan tradisional masyarakat pedesaan dalam pemeliharaan lingkungan hidup di Jawa Barat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Banks, J. A. (2015). Cultural diversity and education: Foundations, curriculum, and teaching (6th ed.). Routledge.

https://www.routledge.com/Cultural-Diversity-and-Education/Banks/p/book/9781138120739

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

https://us.sagepub.com/en-us/nam/research-design/book237357

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.

https://learningpolicyinstitute.org/product/effective-teacher-professional-development-report

Ekadjati, E. S. (1995). Kebudayaan Sunda: Suatu pendekatan sejarah. Pustaka Jaya.

Gunawan, A. (2018). Nilai kesetaraan dalam arsitektur tradisional Kampung Kuta. Jurnal Sosiologi Budaya, 12(1), 45–58.

Hermawan, W. (2010). Arsitektur tradisional Kampung Kuta: Kajian budaya dan lingkungan. Jurnal Penelitian Budaya, 5(2), 101–115.

Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press.

https://us.corwin.com/en-us/nam/contextual-teaching-and-learning/book226777

Koentjaraningrat. (2015). Kebudayaan, mentalitas, dan pembangunan. Gramedia Pustaka Utama.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.

https://www.wiley.com/en-us/Qualitative+Research-p-9781119003618

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book246128

Permana, C. E. (2010). Kearifan lokal masyarakat Kampung Kuta dalam mempertahankan tradisi bangunan. Wedatama Widya Sastra.

Prijotomo, J. (2004). Arsitektur Nusantara: Menuju keniscayaan. Wastu Lanas Grafika.

Rapoport, A. (1969). House form and culture. Prentice-Hall.

Tilaar, H. A. R. (2012). Kaleidoskop pendidikan nasional. Kompas Media Nusantara.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

https://www.wiley.com/en-us/21st+Century+Skills-p-9780470553626

UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. UNESCO Publishing.

https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247444

Wineburg, S. (2001). Historical thinking and other unnatural acts: Charting the future of teaching the past. Temple University Press.

https://www.temple.edu/university-press/titles/1312_reg.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.