PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGELOLAAN SARANA PRASARANA OLAHRAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada SMP di Gugus 3 Kabupaten Bandung)

JAJANG HERMAWAN

Abstract


Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan metode penghitungan menggunakan angket. Berdasarkan hasil uji analisis data untuk menjawab hipotesis yang ditentukan oleh peneliti yaitu pengaruh dari masing-masing variabel memiliki peranan yang berbeda, tetapi perbedaan tersebut tidak berpengaruh terhadap menungjangnya siswa dalam memiliki beprestasi dalam pembelajaran. Terbukti dari hasil analisis data bahwa setiap variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel yang menjadi tujuan dalam penelitian ini. Selain uji analisis data yang dibutuhkan oleh peneliti untuk mengetahui berapa besar pengaruh antar variabel, maka peneliti juga membutuhkan beberapa teori yang mendukung terhadap penelitian yang dilakukan peneliti. Teori-teori tersebut nantinya jadikan sebagai pendapat para ahli yang mendukung penelitian ini. Berdasarkan Kapmendiknas No. 045/U/2002 (Farida Sarimaya, 2008: 17) menyebutkan ‘Kompetensi sebagai seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugas sesuai dengan pekerjaan tertentu’ Pendapat ini didukung oleh Akhmad Sudrajat (2008) yang menyatakan bahwa: Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak atau kompetensi adalah spesifikasi dari pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki seseorang serta penerapanya didalam pekerjaan sesuai dengan standar kinerja yang dibutuhkan oleh lapangan. Kata kunci: Kompetensi Profesional Guru, Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar

References


Ali, (2001) Instrumen Penelitian Karya Ilmiah Bandung: Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal. Ibrahim, (2003), Seri Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan SEokolah Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara

E. Mulyasa, (2004), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rodakarya

Ihwal Chairul. 2001. Manajemen Pendidikan, Problematika dan Tantangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Nana Sudjana (2002) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Rosda

Nurhasan (1999). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. PFOK UPI Bandung.

Nurhasan. (2000). Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. FPOK

UPI Bandung. (2002). Pengembangan Sistem Pembelajaran Modul Mata Kuliah Statistik. FPOK UPI Bandung.

Nurhasan. (2007). Test dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia

Soekatamsi dan Waryati, Sri. 1996. Prasarana dan Sarana Olahraga. Surakarta: Uns Press

Sudjana (2002) Metode Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali.

Sugiono (2005) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET

Suryobroto, Agus S.2004. Sarana dan prasarana pendidikan jasmani, (Diktat). Yogyakarta FIK: UNY

Syahril. (2005), Manajemen Sarana dan Prasarana, Padang: UNP PRESS

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2137032-manajemen-sarana-dan-prasarana-pendidikan/#ixzz1Ox2fgPtY

http://www.asikbelajar.com/2015/05/pengertian-pengelolaan-sarana-dan.html

http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-pengelolaan-sarana-dan.html




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v5i1.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :