PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU (Studi pada SD di UPTD Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan)

Idir Tarsidi

Abstract


Latar belakang penelitian ini dilaksanakan, karena guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, merupakan faktor utama dalam pencapaian tujuan pengajaran, keterampilan peguasaan proses pembelajaran ini sangat erat kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab guru sebagai pengajar dan pendidik, secara sempit dapat diinterpretasikan sebagai pembimbing atau fasilitator belajar siswa. Pentingnya kinerja guru terhadap hasil belajar siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasannya.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Pengaruh program sertifikasi guru terhadap kinerja guru/; Bagaimana pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru?; Bagaimana Pengaruh program sertifikasi dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui Pengaruh program sertifikasi terhadap kinerja guru; (2) untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru; (3) untuk mengetahui Pengaruh program sertifikasi dan budaya sekolah terhadap kinerja guru.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru SD di Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan.Bertolak dari deskripsi masing-masing variabel, dan pembuktian hipotesis serta intrepretasi lainnya, maka disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sertifikasi guru termasuk kategori baik. Begitu juga dengan kinerja guru termasuk kategori baik. Dengan demikian maka program sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru. Artinya semakin meningkat program sertifikasi guru, maka akan semakin baik Kinerja Guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah termasuk kategori baik. Begitu juga dengan kinerja guru termasuk kategori baik. Dengan demikian maka budaya sekolah berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru. Artinya semakin baik budaya sekolah, maka akan semakin baik Kinerja Guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sertifikasi guru termasuk kategori baik, begitu juga dengan budaya sekolah termasuk kategori baik. Dengan demikian program sertifikasi guru dan budaya sekolah berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru. Artinya semakin baik Program Sertifikasi Guru dan budaya sekolah, maka akan semakin baik Kinerja Guru.Kata kunci : Program Sertifikasi, Budaya Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

Download

References


Depdiknas. 2007. Pedoman Penilaian Hasil

Belajar. Jakarta: Dirjen Manajemen

Dikdasmen, Dirpom Tk dan SD, BNSP.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Psikologi

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan

Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 Tentang

Guru dan Dosen

Usman, Husaini. 2009. Manajemen. Jakarta :

Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :