PENGARUH MANAJEMEN STRATEGI DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Iwan Kurniawan

Abstract


Penelitian ini berlatarbelakang beberapa permasalahan yang terkait dengan profesionalitas dan produktivitas kinerja guru, khususnya yang terkait dengan upaya yang dilakukan dan kebijakan yang diterapkan oleh kepala sekolah. Profesionalitas dan produktivitas kinerja guru, tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, di antaranya manajemen strategi dan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Karena itu, pengkajian manajemen strategi dan supervisi kepalasekoalah dalam penelitian ini, meninjau upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolahnya masing-masing. Secara keseluruhan fokus kajian penelitian ini dirangkum dan dirumuskan dalam satu pertanyaan penelitian berikut : Bagaimana manajemen strategi dan supervisi kepala sekolah secara keseluruhan dalam meningkatkan kinerja guru?. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen strategi dan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus secara deskriptif-kualitatif. Adapun berdasarkan analisis data, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : Kepala sekolah telah menerapkan dan melaksanakan manajemen strategi dan supervisi seperti melalui pembinaan profesionalisme dan produktivitas, keikutsertaan guru dalam diklat, pendelegasian tugas, rotasi mengajar, pembantuan penyelesaian permasalahan pribadi guru, mengevaluasi kinerja guru serta aspek-aspek manajerial lainnya.Meskipun secara keseluruhan, sejumlah aspek telah diterapkan dengan baik, namun disarankan kepada kepala sekolah, untuk selalu mengoptimakan penerapan aspek-aspek kompetensi manajerial yang dimilikinya, agar dapat lebih meningkatkan profesionalitas dan produktivitas kinerja guru di masa datang.Kata kunci : : manajemen strategik, supervisi kepala seolah, kinerja guru.

Full Text:

Download

References


Akdon, (2007), Strategic Management for

Educational Management, Bandung:

Alfabeta.

Arif Mulyadi (2006), Manajemen Stratejik,

Perencanaan dan Manajemen Kinerja,

Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap,

Surabaya: PT Apollo.

Dede Rosyada (2004), Paradigma Pendidikan,

Demokratis sebuah model perlibatan

Masyarakat dalam Penyelenggaraan

Pendidikan, Jakarta: PT Kencana.

Dirjen PMPTK (2008), Penilaian Kinerja Guru,

Jakarta: Materi diklat.

Endi Nugraha (1993), Statistika Penelitian,

Bandung : Permadi.

Hadari Nawawi (2005), Manajemen Strategik,

Yogyakarta : Gadjah Mada Pers.

Herman, J.L. dan Herman,J.J.,(1995), Total

Quality Manajemen (TQM) for Education,

Journal of Educational Technology, May-

June (p.14-18).

Koswara (2012), Manajemen Strategi,

UNIGAL Ciamis.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu (2006),

Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: PT

Refika Aditema, Cet. Ke-10.

Moh. Nazir (2002), Metodologi Penelitian,

Jakarta : Ghalia Indonesia.

Musarofah (2008), Skripsi :Kinerja Guru, UIN

Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i1.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :