MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA MADRASAH TSANAWIYAH TERPADU CIJEUNGJING DI LINGKUNGAN PESANTREN

Mohamad Syarif Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena penulis ikut merasa prihatin dengan krisis multidimensi yang dialami bangsa Indonesia sekarang ini terutama krisis moral atau karater. Krisis karakter ini adalah dampak dari era lobalisasi yang telah merasuk ke dalam seluruh sudut kehidupan masyarakat. Menyadari kondisi karakter masyarakat saat ini, pemerintah mengambil inisatif untuk mengarusutamakan pembangunan karakter bangsa. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Sasaran pendidikan karakter adalah semua warga sekolah, meliputi para peserta didik, guru, karyawan administrasi, dan pimpinan sekolah menjadi sasaran program ini. Kolaborasi antara lembaga formal dengan lembaga keagamaan atau pesantren menjadi salah satu cara yang efektif dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak, mengingat pendidikan agama di sekolah formal hanya beberapa jam saja. Hasil analisis data menunjukan bahwa model pendidikan karakter pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Cijeungjing di lingkungan Pesantren berpengaruh positif terhadap keberhasilan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Cijeungjing.Kata kunci : pendidikan karakter, moral, pesantren.

Full Text:

Download

References


Jamal Ma’mur Asmani. 2012. Buku panduan

Internalisasi Pendidikan Karakter di

Sekolah. Jogjakarta: DIVA pres

DIRJEN DIKDASMEN. 2010. Model

Pembinaan Pendidikan Karakter di

Lingkungan Sekolah

Abi Yahya Zakariya. 2004. Riyadussolihin.

Bairut : Darul Kitab Al-islami

Syarbini Amirulloh. 2012. Buku Pintar

Pendidikan Karakter. Jakarta : as@-prima

pustaka

Sutarjo Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai-

Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan

Karakter ( Wawasan,Strategi, dan langkah-

langkah). Jakarta : Esensi Erlangga

Naim Ngainun. 2008. Pendidikan Multikultural

Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta :

Ar- Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i2.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :