Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, kinerja guru tersebut masih rendah atau kurang optimal, sehingga dapat dikatakan bahwa jika kinerja guru rendah maka dapat diprediksi motivasi kerja guru tersebut sangat rendah dan pengembangan sumber daya manusianya sangat kurang. Adapun rumusanmasalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pengaruh pengembangan SDM terhadap kinerja guru? (2) Bagaimanakah pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru? (3) Bagaimanakah pengaruh pengembangan SDM dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan dan peristiwa sebagaimana adanya tanpa memberikan perlakuan apapun. Bertolak dari deskripsi masing-masing variabel, dan pembuktian hipotesis serta intrepretasi lainnya, maka disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. (1) Pengembangan SDM berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Artinya, semakin tinggi pengembangan SDM, maka akan semakin tinggi pula kinerja guru. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Artinya semakin tinggi Motivasi kerja, maka akan semakin tinggi pula kinerja guru. (3) Pengembangan SDM dan Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru, artinya semakin tinggi pengembangan SDM dan Motivasi kerja secara bersama-sama, maka akan semakin tinggi pula kinerja.Kata kunci: pengembangan sdm, motivasi kerja, kinerja guru
References
Ahmadi, dkk. 2007. Psikologi Umum.
Surabaya: PT Bina Ilmu.
As’ad, Moh. 1995. Psikologi Industri. Liberty:
Yogyakarta
Engkoswara, dan Komariyah, Aan. 2010.
Administrasi Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Hasibuan, Malayu. S. P. 2010. Manajemen
Sumber Daya Manusia, Cetakan IV,
Jakarta: Bumi Aksara.
Saud, Udin. S. 2012. Inovasi Pendidikan.
Bandung: Penerbit Alfabeta
Siagian, Sondang. 2002. Manajemen Sumber
Daya Manusia (Cetakan V). Jakarta: Bumi
Aksara.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi
Pendidikan. Bandung: PT. Refika
Aditama.
Sukardi. 2009 Metodologi Penelitian dalam
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.