Peningkatan Hasil Belajar Mengidentifikasi Ciri-Ciri Negara Berkembang Dan Negara Maju Melalui Metode Inquiri (PTK Mata Pelajaran IPS Kelas IX-C SMP Negeri 2 Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019)

Rosi Noorpeni

Abstract


Penelitiaan ini upaya peningkatan hasil belajar mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju melalui metode inquiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jatinunggal pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keprihatinan masyarakat terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah-sekolah karena pelajaran IPS sering kali dianggap sebagai suatu bidang studi yang kurang populer dan kurang menarik perhatian di kalangan siswa karena berbagai faktor antara lain; Faktor cara penyampaian materi Ilmu Pengetahuan Sosial oleh guru kepada siswa kurang menyentuh pada kebutuhan siswa. Pengajaran IPS merupakan pengajaran yang kompleks. Penggunaan metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara komtemporer klasik 89,66% masih di dominasi oleh metode ceramah. Dalam proses pembelajaran siswa kurang/tidak diberi kesempatan untuk ber- latihan memecahkan masalah-masalah sosial. Dalam pembelajaran IPS guru lebih banyak menekankan pada masalah yang bersifat hafalan, tidak sampai pada asfek mengaktifkan siswa berpikir kritis dan menganalisa masalah seperti yang diisyaratkan oleh metode inquiry. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua dengan membandingkan hasil pembelajaran. Berdasarkan pengolahan dan analisis data, tim peneliti menyimpulkan bahwa : Kemampuan siswa dalam praktek mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum diterapkan metode inkuiri tergolong baik. Hal ini terbukti dengan perolehan hasil penelitian sebesar 6,23. Kemampuan siswa menyerap pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sesudah diterapkan metode inkuiri tergolong baik dengan perolehan hasil penelitian sebesar 7,73. Pewlaksanaan siklus kedua menunjukkan hasil 8,12 kategori baik sekali, Terdapat perbedaan mutu pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum dan sesudah diterapkan metode inkuiri.

Keywords


Hasil belajar; Ciri-ciri negara berkembang; negara maju; serta metode inquiri

Full Text:

PDF

References


Andi H. Nasution. (1991) Kurikulum Pendidikan Dasar dan Struktur Pendidikan Dasar Lanjutan. Surabaya: Gema Kliping Service.

----------------, (1986) Metodologi Pengajaran IPS. Jakarta: P2LPTK

Badan Pusat Statistik (BPS) (2005) BPS Provinsi Kalimantan Barat., Kalimantan Barat Dalam Angka, 2004 - 2005; 2005 –2006; 2006 - 2007 Pontianak; Badan Pusat Statistik

Brenda, Dorn Conard. (1988) Cooperative Learning and Prejudice Reduction. USA: Social Studies Journal. Aplir/May.

Departemen P dan K RI. (1993) Pedoman Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta.

---------------, (1994) Kurikulum Sekolah Dasar: GBPP. Bidang Studi IPS. Jakarta.

---------------, (1992) UU RI Nomor 2 Tahun 1989 (UUSPN) dan Peraturan Pelaksanaan-nya. Jakarta: Sinar Grafika.

Depdiknas (2003) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

------------------- (2004)Departemen Pendidikan Nasional RI, Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004, Jakarta ; Depdiknas

Dunkin, Michael J. and Bruce J. Biddle. (1974). The Study of Teaching. USA: Holy, Rinehart and Winston, Inc.

Finch, Curtis R. et.al. (1979) Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Content, and Implementation. Boston: Allyn and Bacom, Inc.

Hopkins, David. (1993) A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadephia: Open University Press.

Hamid Darmadi (2005) Himpunan Data sekolah TK,SD, SMP,SMA,SMK dan SLB di Kalimantan Barat Tahun 2005. Pontianak ; STKIP-PGRI. Lemlit

Hamid Darmadi (2006) Pendidikan Ilmu Sosial; Landasan Konsep dan Implentasi; Pontianak STKIP-PGRI; Lemlit

Hamid Darmadi (2006) Pembelajaran IPS (Model Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan) Pidato Pengukuhan Guru Besar ; Diucapkan pada Rapat Terbuka Senat STKIP-PGRI Pontianak November 2006; Pontianak STKIP-PGRI; Lemlit

Hamid Hasan, S. (1996) Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial (buku I). Bandung: Jurusan Sejarah FPIPS IKIP Bandung.

---------------, (1996) Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial (buku II) Bandung: Jurusan Sejarah FPIPS IKIP Bandung.

Jarolimek, John. (1967) Social Studies in Elementary Education. 5th. edition. NY: McMillan Co. Inc.

Kosasih H. Djahiri. (1994) Buku Pedoman Guru Pengajaran IPS. Jakarta: Departemen P dan K.

----------------, (1996) Teknik Pengembangan Program Pengajaran

Pendidikan Nilai-Moral. Bandung: Lab Pengajaran PMP IKIP Bandung.

----------------, (1992) Dasar-dasar Metodologi Pengajaran. Bandung: Lab Pengajaran PMP IKIP Bandung.

Krathwohl, dkk (1977) Taxonomy of Educational Objectives, Handbook II : affective domain, New York : Mckay

Krugg, M.M (1982) Hiestory and the social sciences : New approach to the teaching of social science. Waltham, Massachussetts : Blaisdell Publishing

Mathew B. Milles and A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif (terjemahan). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Shaver, J.P. (1991) Handbook of Research on Social Studies Teaching and Learning. NY: McMillan Publishing Co.

Skeel, Dorothy J. (1994). Elementary Social Studies: Challenges for Tommorrow’s World. USA: Harcourt Brace and Co.

Schuncke, George M. (1988). Elementary Social Studies: Knowing, Doing, Caring. NY: McMillan Pub. Co.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 ; Baltbang Depdiknas Jakarta

Sukamto, (1994) Panduan Penelitian Tindakan: Sri Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Lembaga penelitian IKIP Yogyakarta.

Suwarma Al Muchtar, (1992) Pengembangan Kemampuan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS (Disertasi) Tidak Diterbitkan. Bandung.

Suwarsih, Madya, dkk.(1994) Panduan Penelitian Tindakan. Jogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Jogyakarta.

Semiawan. Conny R. (1996) Pendidikan IPS Ditinjau dari Perspektif Pendidikan. Jakarta: Dedikbud.

Sumantri, M. Nu’man. (1996). Pendidikan IPS ditinjau dari Perspektif Aktualisasinya: Strategi dan Pengembangan Pendidikan IPS dalam Menghadapi Abad XXI jakarta: IKIP Jakarta.

Suwarsih, Madya, dkk.(1994) Panduan Penelitian Tindakan. Jogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Jogyakarta.

Shaver, J.P. (1991) Handbook of Research on Social Studies Teaching and Learning. NY: McMillan Publishing Co.

Weiner,B. (1979) Theory of Motivation for Some Classroom Experiences, Journal of Abnormal Psychology, 71, 1-12

Weiner,B. (1986) Attribution Theory and Attribution Therapy : Some Theoritical Observation and Suggestions. British Journal of Clinical Psychology, 27, 93-104.

Weiner,B.(1990) History of Motivational Research in Education, Journal of Personality and Social Psychology, 55, 738-748

Weiner,B. (1992) Motivation dalam Marvin C. Alkin.(Ed), Encyclopedia of Educatiol Research, 3, 860 – 865.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v10i5.8858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :