Penerapan Mind mapping Sebagai Media Belajar Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Biologi Kelas XII IPA 2 SMAN 3 Ciamis

Lia Apriyani, Warsono Warsono, Agus Cahyadin

Sari


Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan mind mapping sebagai media belajar memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik dari ranah kognitif, afektif mapun psikomotorik. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Ciamis dengan jumlah subjek sebanyak 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi bertujuan untuk mendapatkan data penilaian aktivitas siswa, hasil belajar ranah afektif dan hasil belajar ranah psikomotorik. Sementara tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar kognitif yang dilakukan pada saat prasiklus, siklus I dan siklus II.Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I aktivitas siswa mencapai 68,89%. Pada siklus II mencapai 78,79%. Hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I memiliki persentase ketuntasan sebesar 67% meningkat di siklus II menjadi 86%. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memiliki persentase 79,44% meningkat di siklus II menjadi 85,23% sementara hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I mencapai 67,78% dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 76,52%, dengan hasil yang dicapai tersebut dapat dinyatakan tuntas dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Mind mapping sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Ciamis.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Buzan, T.2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

David Yoga. 2013. Penerapan Mind mapping Sebagai Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sengare Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.

Feriani P.S, et al.2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping. Jurnal PGSD Musi Vol. 2, No. 1, Juni 2019, Hal 26—38

Gusti N.W.P, et al.2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha p-ISSN : 2613-9693  e-ISSN : 2613-9685 Volume 8 Nomor 3 Tahun 2020

Hadi Wahyanto. 2011. Penggunaan Metode Mind mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Chasis Di SMK 1 Sedayu. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hani W. L & Adnan. 2018. Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran Vol. 3 No. 1, Januari 2018, Hal. 127-140

Hendri Panggayuh. 2021. Efektifitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Muara Teweh Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmu Pendidikan: Volume 08 Nomor 01, Juni 2021.

Luciana,et al.2016. PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bioedukasi Volume 9, Nomor 2 Halaman 62-66

Mely Agustine. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017

Nur Astriany.2016. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Mapping Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisi 1 Mei 2016

Reni, et al.2022. Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di SDN Karangbanyu 1. Jurnal Idaarah VOL. VI, NO. 1, JUNI 2022

Sirwan. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Instalasi Jaringan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Faciliator and Explaining (SFAE). Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol.3 No.2 (Mei 2020)

Sudarman.2009. Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R). Jurnal Pendidikan Inovatif. Jilid 4. Nomor 2: 67-72

Trianto.2010. Konsep-Konsep dan Prinsip-Prinsip Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Widodo & Lusi Widayanti. 2013. eningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII A Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :