IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF
Sari
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Arends, R.I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc
Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Daud, R., Haerullah, A., Bahtiar, B., & Yusuf, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Iskam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 456-462.
Dewi, H. R., Mauasari, Y., Handhika, J. (2019). Increasing Creative Thinking Skills And Understanding Of Physics Concepts Throught Application Of STEM-Based Inquiry. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 25-30.
Dwyer, C.P., & Walsh, A. 2020. An exploratory quantitative case study of critical thinking development through adult distance learning. Educational Technology Research and Development, 68:17–35.
Ennis RH. 2011. Critical Thinking Assesment. Journal Theory and Practice 32 (2): 179-186.
Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).
Isti, S. N. D. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalu Model Pembelajaan Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PGSD, 1(2), 1-14.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA 1 Maja. BIO PAEDAGOGIE, 1(01), 26-34.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prandifa, R., Arsih,F.,& Alberida,H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai,7(1), 407-417
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246.
Reynawati, A., & Purnomo, T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02).
Siswono, T. Y. E. (2008). Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, N., Azmin, N., & Hartati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021. JP-IPA:Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 2(10), 23-27.
Umamah, C., Norhasan, dan Jamilatur R. 2018. Implementasi Model Problem Based LearningBerbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 8(2): 67-74.
Umrzokova, G., & Pardaeva, S. (2020). Developing teachers professional competence and critical thinking is a key factor of increasing the quality of education. Mental Enlightenment Scientific-Methodological Journal, 2020(2), 66-75.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10161
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :