Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Kolaboratif dan Komunikasi Sains pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Ciamis

Nadira Rasya Pertiwi, Hilda Novia Sabila, Anita Sintawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaboratif dan komunikasi sains peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Ciamis pada materi gangguan sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi partisipasi pasif, kuisioner, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan abad 21 yang meliputi aspek kolaboratif dan komunikasi sains menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 67% yang berarti tingkat kolaborasi peserta didik termasuk ke dalam kategori kolaboratif dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 83% yang berarti tingkat kolaborasi peserta didik termasuk ke dalam kategori sangat kolaboratif. Sedangkan untuk keterampilan komunikasi sains diperoleh persentase sebesar 65% yang tergolong kategori baik. Hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran problembased learning mampu meningkatkan kemampuan abad 21 diantaranya keterampilan kolaboratif dan komunikasi sains.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Akbar, K.S. (2022) Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal PAKAR GURU: Pembelajaran dan Karya Guru. 2(2), 2798-9844.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem-based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1), 27-35.

Gulo, Abdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem-based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iriantara, Y., Syaripudin, U. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kristiawati, R. E., dkk. (2014). Keterlaksanaan dan Respon Siswa terhadap Pembelajaran dengan Pembuatan Poster untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. 2(2), 266-270.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem-based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam Sains, Sosial, dan Budaya. 1, 17-30.

Putri, A., Kartini, & Yuanita, P. (2020). The Effectiveness of Learning Tools Based on Discovery Learning that Integrates 21st Century Skills to Mathematical Critical Thinking Ability in Trigonometric Materials in High School. Journal of Physics: Conference Series.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem-based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(1), 2239-2253.

Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rismawato, M. (2012). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 3(2), 8-15.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1), 103-112.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (2009) Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: Indeks.

Sudarmiyati, W. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-alk-Write pada Siswa Kelas VIII 5 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 86-98.

Sufajar, D., & Qosim, A. (2022). Analisis Keterampilan Siswa SMP pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 253-259.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Woofolk, Anita. (2004). Educational Psychology. Boston: Pearson Education, Inc.

Wulandari, E. E. & Hartati, S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Audiovisual. Phenomenon: Jurnal Pendidikan Mipa, 6(2), 32-41




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA