Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Kolaboratif dan Komunikasi Sains pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Ciamis
Sari
Teks Lengkap:
DOWNLOAD PDFReferensi
Akbar, K.S. (2022) Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal PAKAR GURU: Pembelajaran dan Karya Guru. 2(2), 2798-9844.
Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem-based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1), 27-35.
Gulo, Abdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem-based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iriantara, Y., Syaripudin, U. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kristiawati, R. E., dkk. (2014). Keterlaksanaan dan Respon Siswa terhadap Pembelajaran dengan Pembuatan Poster untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. 2(2), 266-270.
Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem-based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam Sains, Sosial, dan Budaya. 1, 17-30.
Putri, A., Kartini, & Yuanita, P. (2020). The Effectiveness of Learning Tools Based on Discovery Learning that Integrates 21st Century Skills to Mathematical Critical Thinking Ability in Trigonometric Materials in High School. Journal of Physics: Conference Series.
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem-based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(1), 2239-2253.
Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rismawato, M. (2012). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 3(2), 8-15.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1), 103-112.
Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R. E. (2009) Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta: Indeks.
Sudarmiyati, W. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-alk-Write pada Siswa Kelas VIII 5 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 86-98.
Sufajar, D., & Qosim, A. (2022). Analisis Keterampilan Siswa SMP pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19. Pensa E-jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 253-259.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Woofolk, Anita. (2004). Educational Psychology. Boston: Pearson Education, Inc.
Wulandari, E. E. & Hartati, S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Audiovisual. Phenomenon: Jurnal Pendidikan Mipa, 6(2), 32-41
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10168
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :