Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XII

Fauzanah Nawal Efendi, Warsono warsono, Agus Cahyadin

Sari


Penelitian pemanfaatan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran dalam model discovery learning ini memiliki tujuan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XII di SMA Negeri 3 Ciamis. Model yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model Kurt Lewin dengan pengulangan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan dalam 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap observasi dan 4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan tes. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas peserta didik dari kriteria kurang aktif menjadi kriteria aktif, untuk hasil belajar terjadi peningkatan sebesar 42%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksnakan, maka kesimpulannya adalah aktivitas dan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan media pembelajaran permainan ular tangga dalam model discovery learning. Kata Kunci:  Aktivitas Belajar, Biologi, Hasil belajar, Media pembelajaran permainan ular tangga.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Andaresta, P. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Games Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 2 SMAN Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singigi Tahun Ajaran 2018/19. Universitas Islam Riau.

Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 96. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689

Darmana, R. A. (2010). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri I Jayagiri Lembang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas.

Fauziah, A. (2021). Tujuan Dan Manfaat Ptk. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya, 13.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Guterres, I. K. N. P., Sudarti, S., M, M., & Putra, P. D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gejala Pemanasan Global Untuk Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 54. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7225

Hermawani, S. S. (2019). Penerapan Snakes and Ladders Game Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Materi This Is Me. Serambi Konstruktivis, 1(4).

Maysaroh, S., Rosadi, K. I., & Shalahuddin, S. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii SMP N 7 Muaro Jambi. Uin Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Nurhasanah, A., & Giyartini, R. (2022). Rancangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 195–206. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i2.53037

Permendikbud no 59. (2014). Permendikbud RI Nomor 59 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.

Priandoko, H. W. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat Dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar. Universitas Pasundan.

Purbayanti, R. L., & Suherdiyanto, S. (2022). Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 03 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 1(1), 22–29.

Rachmayanti, R. (2022). Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Evolusi. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 71. https://doi.org/10.25157/jpb.v10i2.8900

Salam, N., Safei, S., & Jamilah, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Al-Ahya, 1(1), 52–69.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Susanti, V. (2021). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Tugu 6 Cimanggis Depok. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyuni, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Role Playing Di Kelas V Min 4 Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 314–321.

Widowati, F. and others. (2014). enggunaan media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema hiburan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA