UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD PADA MATERI EVOLUSI

Amanah Lista Puriasih, warsono warsono, Agus Cahyadin

Sari


Hasil observasi yang dilakukan pada kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 3 Ciamis ditemukan adanya beberapa peserta didik yang mendapat nilai ulangan dibawah KKM yang telah ditetapkan sekolah. Hal tersebut terjadi karena faktor dari peserta didik itu sendiri ataupun proses pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan sehingga peserta didik menganggap biologi sebagai pelajaran yang sulit dan berakibat kurangnya motivasi dalam belajar. Penggunaan media Flash card pada mata materi Evolusi merupakan suatu gagasan baru yang diharapkan dapat membantu memberikan motivasi agar dapat meningkatkan akitivas dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dari observasi peserta didik dan hasil tes. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan selama dua siklus, pada siklus I yaitu 57%, pada siklus II meningkat 71%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan persentase ketuntasan pada prasiklus yaitu 35%, pada siklus I yaitu 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media flash card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi evolusi.Kata Kunci: Aktivitas, Evolusi, Hasil Belajar, Media Flash Card

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Alfiera, R. & Noviar, D. (2015). Inovasi media Flash card Biologi pada sub materi pokok sistematika vertebrata untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati. (2005). Media Pengajaran. Surabaya: Dakwah Digital Pres.

Indarti, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: FBS Unesa

Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 143–148.

Mulyorini & Harnani, S. (2014). Penggunaan Media Flashcard Dalam Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V SDN Ngagel Rejo I/ 396 Surabaya. JPGSD,volume 02 Nomor 02 Tahun 2014.

Pradana, A. R. & Santosa, B. A. (2020). Studi Literatur Media Pembelajaran Flash Card dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 09 Nomor 03 Tahun 2020, 575-583

Putri, K. A & Setiadi, W. H. (2021) Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, Volume 01 Nomor 01 Tahun 2021.

Rahmadani & Jalaludin. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Hereditas Melalui Penggunaan Media Gambar Peserta didik Kelas XII-IPA 1 SMAN 1 Darussalam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Biology Education Volume 8 No. 2 Oktober 2020.

Ristanti, W. N., Alifia & Siradjuddin. (2018). Penggunaan Sortir Kartu Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. JPGSD Volume 06 Nomor 09 Tahun 2018, 1686-1695.

Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Umiyati, T. & Zuhdi, U. (2014). Pemanfaatan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tema Lingkungan Pada Peserta didik Di Sekolah Dasar. JPGSD, volume 02 Nomor 03 Tahun 2014.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kegiatanku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, volume 4, Number 1 Tahun 2020, pp. 9-16.

Wiyanto, A. S., Nugroho, & Wibowo, S.W.A. (2007). Potret Pembelajaran Sains di SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4 (2): 63-66.

Yanto, A. & Fabriyanto B. (2019). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 04 Nomor 02 Tahun 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA