UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 3 CIAMIS

Muhammad Israj Adnan Rivaldo, Warsono Warsono, Agus Cahyadin

Sari


Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Ciamis bersama guru pamong sebagai kolaborator pada mata pelajaran Biologi khususnya materi Evolusi kelas XII IPA 1. Penelitian ini berfokus kepada peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajas Siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif berbasis Group Investigation (GI) baik dari ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan post test. Observasi dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data penilaian aktivitas siswa, sedangkan hasil belajar untuk mengetahui kognitif siswa yang dilakukan pada saat Siklus I dan Siklus II. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari semua aspek yang diamati, hal ini dapat dilihat pada rata-rata prosentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 53,75% meningkat 27,50% pada siklus II menjadi 82,50%, sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tiap siklusnya dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 64,50 menjadi 79,50 pada siklus II dengan rentang prosentase ketuntasan pada siklua I sebesar 55% menjadi 75% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Agus, Setiawan, (2006). Pengantar Statistika.Graha Ilmu, Yogyakarta

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta

Amalia, Dewi. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan.

Anggraini,Lela Juni (2010) Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 Smp Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4), Hlm. 1-14.

Ardiansyah, (2011). Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Event Berbasis Mobile. Push Notification, Skripsi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Arends, Richard. (2008). Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabet

B Santos, (1999) Cooperative Learning: Penerapan Tekhnik Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLTP. Buletin Pelangi Pendidikan. Vol. 1. No. 1.

Cucu Suhana, (2014) Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi) (Bandung: Refika Aditama,hal.37)

Darmadi, (2017) Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (Yogyakarta: Deepublish), hal. 42

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati, (2017) Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi) (Magetan: CV. AE Grafika, hal. 96)

Isjoni. (2013). Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Made, Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nia Tristanti, Hesti (2013) Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation melalui Pendekatan SAVI pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 09 Sugio Lamongan. Other Thesis, Universitas Muhammadiyah Malang

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, Malvin L, (1996) Active Learning Page: 101. Strategi to Teach Any Subject. Terjemahan oleh Sardjuli.dkk. Massachusetts: United States of America.

Slavin, Robert E, (2009). Cooperative Learning; Teori, Riset Dan Praktik, terj: Nurulita Bandung : Nusa Media.

Trianto, (2013) Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Jakarta: Bumi Aksara), hal. 51




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10268

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA