Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi Di SMP Negeri 5 Ciamis

Rina Noviana, Nur llmiyati, Dedeh Darmiasih

Sari


Penelitian tindakan kelas dengan menerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA materi Ekologi di kelas VII F bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Lokasi peneltian dilakukan di SMP Nnegeri 5 Ciamis dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Tes bertujuan untuk mendapatkan hasil belajar siswa yang dilakukan selama prasikllus, siklus I, II dan III. Berdasarkan Analisis data yang didapatkan pada siklus I Siswa mendapatkan nilai rata-rata 55 %, pada siklus II siswa mendapatkan nilai rata-rata 76 % dan pada siklus ke III siswa mendapatkan nilai rata-rata 94 %. Dengan hasil yang didapatkan tersebut penerapan model pembelajaran Problem Based Laerning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dikarenakan siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan siswa menjadi lebih aktif dalam proses diskusi, hal ini meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat dari pelasanaan 3 siklus yang dilakukan, disetiap siklusnya mengalami kenaikan, hal ini menunjukan jika model pembelajaran Problem based learning tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.  Kata Kunci:           Problem based learning, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Referensi


Anggraini, F. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal mitra pendidikan, Volume 1, Nomor 6.

David Yoga. 2013. Penerapan Mind mapping Sebagai Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sengare Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.

Dhea, W.U. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Hildegardis, K. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Watutura Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai. e-ISSN: 2614-6754. p-ISSN: 2614-3097. Halaman 3329-3335 Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Indriati D. 2013. Kontribusi Kreativitas, Kemampuan Awal Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik InstalasiVHome Theater Peserta didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Skripsi).Yogyakarta : UNY

Mantek. M, et al. 2019 . Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Keanekaragaman Hayati. E.ISSN.2614-6061 P.ISSN.2527-4295 Vol.7 No.3 Edisi Agustus 2019. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Mulyasa. 2004. Implementasi Kurikulum Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nisa, A. K. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Najma, S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 3 Banda Aceh (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh

Rahayu, R. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Di SMP. Jurnal Kependidikan. Vol 45, No.1. Yogyakarta.

Rifa’I, A. 2020. Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 3 (3) (2020) 2139- 2144 https://jurnal.uns.ac.id/shes p-ISSN 2620-9284 e-ISSN 2620-9292. Jurnal Universitas Sebelas Maret

Resto, R. 2021. Problembased Learning VS Sains Teknologi Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Indramayu: Adap CV Adanu abimata.

Sani, R.A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Inflementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Utrifani, A., & Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Larning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi, 2 (2) 9-16.

Wulandari, et al 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung

Yanti & widya. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakteristik Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta:Deepublish CV Budi utama.

Yuyun , I.W. 2020. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas (Artikel). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Zelhendri, S.2017. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Depok: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA