Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi Di SMP Negeri 5 Ciamis
Sari
Teks Lengkap:
Halaman 113-121 (Download PDF)Referensi
Anggraini, F. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal mitra pendidikan, Volume 1, Nomor 6.
David Yoga. 2013. Penerapan Mind mapping Sebagai Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sengare Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.
Dhea, W.U. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tungkal Ulu (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Hildegardis, K. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Watutura Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai. e-ISSN: 2614-6754. p-ISSN: 2614-3097. Halaman 3329-3335 Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Indriati D. 2013. Kontribusi Kreativitas, Kemampuan Awal Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik InstalasiVHome Theater Peserta didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Skripsi).Yogyakarta : UNY
Mantek. M, et al. 2019 . Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Keanekaragaman Hayati. E.ISSN.2614-6061 P.ISSN.2527-4295 Vol.7 No.3 Edisi Agustus 2019. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Mulyasa. 2004. Implementasi Kurikulum Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa, A. K. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
Najma, S. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MIN 3 Banda Aceh (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh
Rahayu, R. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Di SMP. Jurnal Kependidikan. Vol 45, No.1. Yogyakarta.
Rifa’I, A. 2020. Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 3 (3) (2020) 2139- 2144 https://jurnal.uns.ac.id/shes p-ISSN 2620-9284 e-ISSN 2620-9292. Jurnal Universitas Sebelas Maret
Resto, R. 2021. Problembased Learning VS Sains Teknologi Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Indramayu: Adap CV Adanu abimata.
Sani, R.A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Inflementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Utrifani, A., & Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Larning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi, 2 (2) 9-16.
Wulandari, et al 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung
Yanti & widya. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakteristik Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta:Deepublish CV Budi utama.
Yuyun , I.W. 2020. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas (Artikel). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Zelhendri, S.2017. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Depok: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10413
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :