Analisis Etnosains Upacara Naikkan Tulang Bumbungan di Desa Penakalan Sebagai Sumber Belajar Biologi
Sari
Teks Lengkap:
Halaman 198-204 (Download PDF)Referensi
Battiste, M. (2005). Indegenous Knowledge: Foundation for First Nations. University of Saskatchewan.
Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 05(01) 2-3.
Dwi, N. H & Hendro, K. E. P. M. (2021). Analisis Potensi Hasil Penelitian Etnobotani Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta sebagai Sumber BelajarBiologi SMA. Journal of Biology Education.4(1),81
Ibrahim MS, dkk. 2010. Tradisi dan Komunikasi Orang Melayu. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
Ibrahim MS. 2009. Komunikasi Antar Budaya. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
Ilhami, Aldeva. dkk. (2020). Kajian Etnosains Tradisi Maauwo di Danau Bakuok Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 2(2),79
Irwandi &Hery, F. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMA Di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. 1(2),2-6.
Jalaludin, 2010. Psikologi Agama. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Moore, Henrietta L., 1998. Feminisme Dan Antropologi (Penerjemah): Tim Proyek Studi Jender dan Pembangunan FISIP UI). Jakarta: Penerbit Obor.
Najmulmunir, N. (2010). Memanfaatkan Lingkungan Di Sekitar Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar. Region, 2(4),2-3.
Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 919–926.
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan.1(2), 198.
Sarah, S & Maryono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Living Values Peserta Didik Sma Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Teknologi Technoscientia. 6(2), 187.
Snively, G., & Corsiglia, J. (2001). Discovering Indigenous Science : Implications for Science Education. National Association of Research in Science Teaching.
Suastra , I. 2010. Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains Dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. J. Pendidikan dan Pengajaran. 43(2), 8-16
Sudarmin & Pujiastuti, E. 2015.Scientific Knowledge Based Culture and Local Wisdom in Karimunjawa for Growing Soft Skills Conservation International.Journal of Science and Research, 4, 598-604
Sumarni, W., Sudarmin., Wiyanti& Supartono. 2016. The Recontruction of Society Indigenous Science into Scientific Knowledge in the Production Process of Palm Sugar.Journal of Turkish Science Education: 13(4) , 281
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10520
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :