Hubungan Keterampilan Interpretasi Data dengan Keterampilan Mengomunikasikan Peserta Didik Materi Sistem Eksresi
Sari
Teks Lengkap:
Halaman 136-141 (Download PDF)Referensi
REFERENSI
Agustina, E. (2014). Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif dan Kemampuan Interpretasi Grafik Siswa SMP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Agustina, P., Saputra, A., & Clara, A. Y. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Praktikum Anatomi Hewan Tahun Akademik 2017 / 2018. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNSP), 66–73.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (ed.2). Pustaka Pelajar.
Dahar. R. W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta. P2LPTK.
Hastuti, E. S., & Hidayati, H. (2018). Pengaruh penggunaan metode eksperimen ditinjau terhadap hasil belajar IPA dari kemampuan komunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 25-31.
Iryani, D., T, A. Y., Negeri, S. M. P., Atap, S., Hilir, E., Hulu, K., & Tanjungpura, U. (2022). Analisis Kemampuan Interpretasi Peserta Didik SMP Pada Materi Perbandingan. 5(1), 1–9.
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10940
Latour, B. (1987). Science in action: How to follow scientists and engineers through society. Cambridge, MA: Harvard University Press
Mustain, I. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scientiae Educatia, 5(2), 1–11.
Nugroho, I. (2016). Profil Kemampuan Interpretasi Siswa Terhadap Diagram Perpresentasi Konvensi dan Isomorfisme Spasial pada Materi Sistem Eksresi Manusia. Skripsi,Bandung
Nurlaelah, I. et al. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik Pada Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja Berbasis Riset Terintegrasi Keterampilan Proses Sains Ilah. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(2), pp. 194–201.
Safahi, L., Pusporini, A. and Akbar, B. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi Terhadap HOTS’. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), pp. 35–45. doi: 10.22437/bio.v6i1.8565.
Saputri, H., Winarti, A., & Sholahuddin, A. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sederhana Powerpoint-Ispring: Kelayakan untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 6(2).
Simatupang, N., Lubis, R., & Harahap, S. D. (2022). Analisis hasil interpretasi jawaban matematika siswa pada pembelajaran matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 104–110.
Sutarno. 2009. Teori Kognisi Jean Piaget. [Online]. Tersedia: http//www.psysicsmaster.orgfree.com (15 Mei 2023)
Tawil, M. Liliasari. (2014). Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM
Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis keterampilan komunikasi pada pembelajaran biologi sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 181-190.
Utami, N.H. (2013). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cyycle 7E dan Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring.Pensa E-jurnal 9(3), 378–385.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10856
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :