Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sel Berbasis Culturally Responsive Teaching

Tesalia Vika Arista, Kurnia Ningsih, Rahmawati Rahmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi sel mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 19 Pontianak dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data diperoleh melalui kegiatan observasi, hasil belajar serta dokumentasi aktivitas belajar siswa dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Aktivitas belajar siswa pada pra tindakan sebesae 73%, mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 86% dan 91% pada siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan melalui pembelajaran berbasis Culturally Responsive TeachingKata Kunci: Aktivitas belajar, Culturally Responsive Teaching, Sel

Referensi


Abimanyu Soli, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Practice, and Research. New York: Teachers College Press.

Hanida, T, Dkk. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas II Sekolah Dasar. Universitas Tanjungpura

Kemmis, S & Taggart, Mc. R. (1992). The Action Research Planner. Australia: Deaking University.

Kemendikbud (2020). https://www.kemdikbud.go.id. Diakses pada 29 Agustus

Koomson, C., & Owusu-Fordjour, C. (2018). Misconceptios of senior high school science students on evaporation and water cycle, European Journal Of Physics Education, 6(5), 13-28.

Mulyasa. (2006) Menjadi Guru Profesional (Menciptakan pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.

Setyowati, B.E, Dkk. (2023). Peningkatan Keterampilan Literasi Sains Menerapkan Problem Based Learning Berbasis Culturally Responsive Teaching Pada Kelas VII Di SMP Negeri 2 Ambarawa

Taher, T. (2019) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya Lokal. Jambura Journal of Educational Chemistry. Vol 1 (2)

Taher, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berpikir kritis Siswa pada Materi Koloid. Journal Riset Pendidikan Kimia Vol 8 (1), 8-34




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i1.12299

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :