Penerapan E-Book Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Langsa

Rotua Santaria Tampubolon, Nursamsu Nursamsu, Siska Rita Mahyuny

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan penerapan e-book di SMA Negeri 3 Langsa, serta seberapa besar peningkatan tersebut. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain One-Grup pre-test-post-test. XI IPA di SMA Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2022/2023 ialah populasi yang digunakan dalam peneltian ini, jumlahnya yaitu 276 siswa terdiri dari 7 kelas. Digunakan teknik pengumpulan sampel berupa acak atau random. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 35 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan e-book mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Langsa. Terlihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 50,14, nilai rata-rata post-test sebesar 82,57, dan nilai N-gain sebesar 0,64 yang masuk dalam kriteria peningkatan sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test menunjukkan nilai thitung sebesar 12.7331 dan ttabel sebesar 1.66757, yang menyatakan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak, menandakan bahwa penggunaan e-book dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Langsa.

Referensi


Andriyani, Y. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. Skripsi: 119.

Fernanda, D. A. E., & Sudarwanto, T. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2): 1195–1201.

Harisandy, R. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan Rendah Smk 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta: 27.

Hisbiyati, Haning, and Laila Khusnah. 2017. “Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa.” Jurnal Pena Sains 4(1): 16.

Kusumatuty, A. J., Baedhowi, & Murwaningsih, T. 2018. Penerapan E-Book dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional HARDIKNAS, 1–5.

Laila, D. M. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Dalam Meningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII di MTS Sayyid Yusuf Talango Sumenep. Skripsi, 2003–2005.

Nurjanah. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Konsep Berbagai Bentuk Energi dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 1 SD Negeri 58 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1): 22- 26

Purwaningtias, F., & Solikin, I. 2017. Penerapan aplikasi e-book school pada SMK Emhata. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(1): 21.

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. 2022. E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1): 54–63.

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. 2019. Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2): 124–130.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i1.12730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :