Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas VII Mts Al-Washliyah Stabat

Ikhwani Syifa Zahra Nasution, Marjanah Marjanah, Nursamsu Nursamsu

Sari


Model Project Based Learning (PjBL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang merangsang partisipasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan secara lebih aktif selama proses pembelajaran. Kajian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh dan hasil belajar dari penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Metode yang diterapkan dalam riset ini merupakan metode eksperimental dengan menggunakan desain kajian kelompok kontrol Pretest- Posttest, Melibatkan dua kelompok sampel, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, kajian ini melibatkan sejumlah 30 siswa dalam kelompok eksperimen dan 30 siswa dalam kelompok kontrol. Instrumen evaluasi yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 pertanyaan. Rata-rata nilai kelas eksperimen mencapai 75,33, sedangkan kelas kontrol mencapai 59. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji t (α = 0,05) menunjukkan bahwa nilai Thit (5,3646) lebih besar daripada Ttab (2,0017). Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Project Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Ekosistem

Referensi


Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Prograsif, dan Konstektual Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikuklum 2013. Jakarta : Kencana.

Amanda, Subagia & Tika. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa IPA ditinjau dari Self Efficacy Siswa”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4. 9-10.

Bialkin, Terri, et. All. 2011. Project Based Learning. New Teachet Workshop – Maech 24.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung : Yrma Widya.

Gusti, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA”.

Journal of Education Technology Vol 3 (2). Hlm 70.

Hardani, dkk. 2020. Model Kajian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu. Hlm 351. Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Johnson DW, Roger T. Johnson, & Edythe Johnson Holubec. 2010. Colaborative Learning : Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama (terjemahan). Bandung : Nusa Media.

Ratnasari, K. I., & Masruhin, A. R. 2019. Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100- 109.

Setiawan, M. A. 2017. Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Wulan, B. R. S., Nurfitriyah, I. & Nurhayati, E. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5943-5956.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i1.13474

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA