Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Biologi
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan conextual teaching learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Katolik Yos Sudarso Batam. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menargetkan 80% siswa menjadi lebih aktif setelah penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan contextual teaching learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa meningkat dari 39,28% (Pra-Siklus) menjadi 74,03% (Siklus 1). Karena target belum tercapai, maka Siklus 2 diimplementasikan. Pada Siklus 2, persentase keaktifan naik menjadi 85,96%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pendekatan contextual teaching learning dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas.
Teks Lengkap:
Download PDF (halaman 135-1430DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i2.13686
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :