Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik pada Mata Pelajaran Biologi Bagi Siswa SMA

mughnita ayu, Nursamsu Nursamsu, Siska Rita Mahyuny

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-komik pada materi sistem pencernaan terkait pada kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D  dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini diuji cobakan secara terbatas pada peserta didik kelas XI F A SMA Negeri 1 Langsa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh para ahli, angket kepraktisan oleh guru serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian berupa media pembelajaran berupa e-komik dengan penilaian tingkat validasi rata-rata sebesar 81,9% dengan kriteria “sangat baik”, penilaian dari ahli materi diperoleh rata-rata presentase sebesar 94,6% dengan kriteria “sangat baik” , demikian media pembelajaran e-komik sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. Serta tingkat kepraktisan media pembelajaran e-komik dari guru mata pelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 1 Langsa diperoleh rata-rata presentase 97,1% dengan kategori “sangat baik” dan respon dari peserta didik terhadap media e-komik sebesar 88,9% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-komik yang dikembangkan valid dan praktis digunakan di dalam proses pembelajaran.Kata kunci: E-Komik, Media Pembelajaran, Pengembangan

Referensi


Angga, P. M. W., & Sudarma, Suartama. (2020). E-komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal EDUTECH Unviversitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 93-106. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Asral, S. S. T., & Zainul, R. (2020). Pengembangan Konten Pembelajaran E-Learning untuk Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Aplikasi Moodle. Entalpi Pendidikan Kimia, 1 (1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.92

Emalia & Farida. (2019). Inovasi Pendidikan dengan Memanfaatkan teknologi Digital dalam Upaya Menyongsong Era Revolusi Industri 4.04 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Tahun 2019.

Hermawan, L. I., Hobri, H., Murtikusuma, R. P., Setiawani, S., & Yudianto, E. (2018). Pengembangan E-Comic Berbantuan Pixton pada Materi Program Linear Dua Variabel. Kadikma, 9(2), 78-88. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i2.9748

Nengsi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Komik pada Materi Fotosintesis untuk SMP Kelas VIII. Research of Applied Science and Education, 11(1), 99-108.http://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i1.490

Nurafrilian, S., Sukamanasa, E., & Suchyadi, Y. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Canva Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Sumber Energi. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 1 (1). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.509

Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, I(2), 165-170. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691

Nugraha, E. A., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2012). Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SD. Unnes Physic Eductaion Journal, 1(2), 60-68. https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1379

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Salyani, R., Amsal, A., & Zulyani, R. (2018). Pengembangan Buku Saku pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) di Man Model Banda Aceh. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 7-14. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10736

Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliandari, S. & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 2 (2), 1-9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9418




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i2.14260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA