Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Berorientasi Budaya Lokal Bali "Tari Pendet" pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa Kelas XI

Luh Gede Wulan Kurnia Dewi, I Wayan Sukra Warpala, Putu Budi Adnyana

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi interaktif berorientasi budaya lokal Bali “Tari Pendet” yang diintegrasikan dengan Edpuzzle pada materi sistem gerak yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen yang digunakan mencakup pedoman wawancara, angket kebutuhan siswa, angket kelayakan ahli, serta angket respon siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Media dinilai kelayakannya oleh materi dan ahli media, kemudian dinilai kemudahan penggunaannya melalui uji perorangan (3 siswa), uji kelompok kecil (9 siswa), dan respon dari 3 guru. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan media valid, dengan persentase 91,11% untuk materi dan 95,53% untuk aspek media. Kemudahan penggunaan memperoleh hasil 87,27 (perorangan), 92,93% (kelompok kecil), dan 96,11% (guru). Rerata kemudahan penggunaan secara keseluruhan berdasarkan perhitungan berbobot adalah 92,43%, termasuk kategori sangat praktis. Dengan demikian, media video animasi interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi, khususnya submateri mekanisme kerja otot dan jenis sendi berdasarkan arah geraknya yang direpresentasikan melalui gerakan Tari Pendet.

Referensi

Agil, M., Adawiyah, R., Nurhikmah, Suhartini, Salmitha, L., Hidayah, M. U., & Rahmi, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. SIMAS, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.21093/simas.v1i1.5121

Amelia, D., Rahmadani, F. J., Septiyani, M. N. R., Abdurrafi, M. A., & Maulidah, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 875–883. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2953

Balqis, Y., & Raksun, A. (2024). Implementasi Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Suela Lombok Timur Pada Konsep Replikasi Virus. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2575–2581. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2845

Brown, . Douglas. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy (2nd ed.). Longman.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1998). Principles of Instructional Design (4th ed.). Harcourt Brace College Publisher.

Handayani, E. S., Yani, H. A., Arafat, Y., Kusumarini, E., & Sakti, B. P. (2024). Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar di Era Cybernetics. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(5), 8522–8530. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15918

Herring, M. C., Koehler, M. J., & Mishra, P. (2016). Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators (2 nd). Routledge Taylor & Francis Group.

Inayati, F., Kurahman, O. T., & Rusmana, D. (2024). Analisis Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Creative Student Research, 2(6), 182–189. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr

Indahsari, N. A., Yuniasih, N., & Sulistyowati, P. (2019). Analisis Kesesuaian Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Di SD Muslimat NU Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3, 544–550.

Leveau, B. F. (2024). Biomechanics of Human Motion: Basics and Beyond for the Health Professions. (1 st). Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9781003522775

Magdalena, I., Andriyanto, & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp Sebagai Solusi Di Tengah Penyebaran Covid-19 Di SDN Gembong 1. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–16. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun

Mardalena, Sarinah, Taufan, A., Melina, A., Yunus, M., Saukani, & Hayati. (2023). Determinant Factor of Compensation Toward Job Performance of Teachers and Staff at Islamic Junior High School. SCAFFOLDING, Jurnal Pendidikan Islam dan Multikultura, 5(1), 380–398. https://doi.org/DOI:%252010.37680/scaffolding.v5i1.2705 Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed., Vol. 41). Cambridge University Press.

Nasution, Ningsih, S., SIlva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Nuha, N. T., Putri, S. A., Azzunkha, P. L., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Teori: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 324–327.

Putri, I. A. M. A., & Agustika, G. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 279–291. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.50699

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Mims, C. (2016). Instructional technology and media for learning (12 th). Pearson.

Sutawan, M., & Winangun, M. A. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Dalam Program Literasi Di Sekolah Dasar Negeri 1 Mayong. Maha Widya Bhuwana, 7(2), 23–33.

Yolida, Sinaga, R. M., Maulina, D., & Supriyadi. (2023). The effect of indonesian local culture integrated students’ environmental awareness on sdgs: Pls-sem approach. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2), 427–438. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.35493

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.