Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Berorientasi Budaya Lokal Bali "Tari Pendet" pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa Kelas XI
Sari
Teks Lengkap:
Hal 188-199 (Download PDF)Referensi
Agil, M., Adawiyah, R., Nurhikmah, Suhartini, Salmitha, L., Hidayah, M. U., & Rahmi, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. SIMAS, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.21093/simas.v1i1.5121
Amelia, D., Rahmadani, F. J., Septiyani, M. N. R., Abdurrafi, M. A., & Maulidah, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 875–883. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2953
Balqis, Y., & Raksun, A. (2024). Implementasi Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Suela Lombok Timur Pada Konsep Replikasi Virus. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2575–2581. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2845
Brown, . Douglas. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy (2nd ed.). Longman.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1998). Principles of Instructional Design (4th ed.). Harcourt Brace College Publisher.
Handayani, E. S., Yani, H. A., Arafat, Y., Kusumarini, E., & Sakti, B. P. (2024). Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar di Era Cybernetics. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(5), 8522–8530. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15918
Herring, M. C., Koehler, M. J., & Mishra, P. (2016). Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators (2 nd). Routledge Taylor & Francis Group.
Inayati, F., Kurahman, O. T., & Rusmana, D. (2024). Analisis Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Creative Student Research, 2(6), 182–189. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr
Indahsari, N. A., Yuniasih, N., & Sulistyowati, P. (2019). Analisis Kesesuaian Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Di SD Muslimat NU Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3, 544–550.
Leveau, B. F. (2024). Biomechanics of Human Motion: Basics and Beyond for the Health Professions. (1 st). Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9781003522775
Magdalena, I., Andriyanto, & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp Sebagai Solusi Di Tengah Penyebaran Covid-19 Di SDN Gembong 1. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–16. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun
Mardalena, Sarinah, Taufan, A., Melina, A., Yunus, M., Saukani, & Hayati. (2023). Determinant Factor of Compensation Toward Job Performance of Teachers and Staff at Islamic Junior High School. SCAFFOLDING, Jurnal Pendidikan Islam dan Multikultura, 5(1), 380–398. https://doi.org/DOI:%252010.37680/scaffolding.v5i1.2705 Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed., Vol. 41). Cambridge University Press.
Nasution, Ningsih, S., SIlva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Nuha, N. T., Putri, S. A., Azzunkha, P. L., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Teori: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 324–327.
Putri, I. A. M. A., & Agustika, G. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(2), 279–291. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.50699
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Mims, C. (2016). Instructional technology and media for learning (12 th). Pearson.
Sutawan, M., & Winangun, M. A. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Dalam Program Literasi Di Sekolah Dasar Negeri 1 Mayong. Maha Widya Bhuwana, 7(2), 23–33.
Yolida, Sinaga, R. M., Maulina, D., & Supriyadi. (2023). The effect of indonesian local culture integrated students’ environmental awareness on sdgs: Pls-sem approach. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2), 427–438. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.35493
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.