Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia di MA Uswatun Khasanah Lala Kabupaten Buru

Firman Banjar, junardin muhamad masihu

Sari

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi biologi di MA Uswatun Hasanah Lala Kabupaten Buru. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan yaitu bulan Mei 2025 sampai Juli 2025 pada tahun ajaran 2024/2025 di MA Uswatun Hasanah Desa Karang Jaya Kabupaten Buru. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian Pre-Eksperimental menggunakan rancangan One Group Prettest-Posttest Design. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar prettest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah mengimplementasikan media audiovisual. Analisis data digunakan dalam penelitian ini yaitu uji deskritif dan uji paired samples t-test menggunakan bantuan program SPSS Windows 27. Hasil penelitian ditemukan bahwa uji paired samples t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0.120 ≥ 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa di MA Uswatun Hasanah Kabupaten Buru. Untuk mengetahui sumbangsi variabel media audiovisual (x) terhadap variabel hasil belajar (y) maka dilakukan uji koefesien determinasi dengan mengacu pada nilai R Square (R2) dengan angka uji 0.666, artinya sumbangan variabel media audio visual (x) terhadap hasil belajar siswa (y) sebesar 44.4%.Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa, Konsep Sistem Pernafasan Pada Manusia

Referensi

Alamia, A. U. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XF SMAN 3 Probolinggo Menggunakan Media Video Pembelajaran. Jurnal Biologi, Volume: 1, Nomor 4, Hal: 1-11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1993.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388–395. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073.

Chen, L. (2024). Cognitive Effects of AudioVisual Material in Learning. Journal of Educational Psychology, 36(3). http://dx.doi.org/10.1007/s10648-024-09917-7.

Fadilah, N. U. (2024). Media Pembelajaran: Definisi, Manfaat dan Jenisnya dalam Pembelajaran. Artikel, 1-7.

Hafzah, N., Amalia, K. P., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, F. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 541–549. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.8958.

Huang, X., & Xu, Y. (2023). Dynamic Learning: The Role of Audiovisual Media in Engagement. Education Technology Research and Development. 24(1). http://dx.doi.org/10.24059/olj.v24i1.1620.

Insani, S. A. H., Usman, A., & Suciati, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XF SMAN 3 Probolinggo Menggunakan Media Video Pembelajaran. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1993.

Johnson, T. (2024). Inclusive Teaching Strategies Using Audiovisual Tools. Teaching and Teacher Education. Technium Social Sciences Journal 31(1):106-114. http://dx.doi.org/10.47577/tssj.v31i1.6399.

Kurniawan, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual Berbantu Edpuzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1, 101–110. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.32.

Lee, K., & Chen, D. (2023). Efficiency in Learning: Impact of Audiovisual on Time Management. Journal of Effective Learning. http://dx.doi.org/10.22034/ijlt.2024.430050.1312.

Rizka Kurniawan, H. I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual Berbantu Edpuzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Inovasi Pendidikan, 101-110. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.32.

Smith, A. (2022). Memory Retention in Education: The Audiovisual Advantage. Learning and Instruction. International Journal of Transformative Health Professions Education 1(1). http://dx.doi.org/10.71354/ijthpe.01.01.12.

Sudijono Anas, (2007). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar, Jakarta; Bumi Aksara.

Sugiyono, (2014). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan (R & D), Bandung: Alfabeta.

Syarah, M. M., Rahmi, Y. L., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 236–243. https://doi.org/10.32938/jbe.v6i3.1260.

Taslim Buaja, R. R. (2024). Penggunaan Media Animasi Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Negeri 2 Kota Ternate. Attractive : Innovative Education Journal, Vol. 6, No. 3, H. 1-10. https://doi.org/10.51278/aj.v6i3.1477.

Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Penggunaan Media Video dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.120.

Sudijono Anas, (2007). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar, Jakarta; Bumi Aksara.

Sugiyono, (2015). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan (R & D), Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.