IMPLEMENTASI MODEL PjBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Ade Fitriyani, Toto Toto, Euis Erlin

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sampel penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP berjumlah 26 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan disain The-One Group Pretest-Posttest . Teknik pengambilan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa soal keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi analisis, evaluasi, dan mencipta dalam bentuk uraian [u1] Data hasil penelitian dianalisis secara statistik yang meliputi uji N-Gain, uji normalitas, dan uji hipotesis (uji Z). Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji Z diperoleh hasil    yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima, Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penerapan model PjBL-STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi bioteknologi. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi bioteknologi.Kata kunci : PjBL, STEM, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A., (2016). Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 5 (2): 261-267.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York. Addison Wesley Lonman Inc.

Baharin, N., Kamarudin, N., & Manaf, U.K.A. (2018). Integrating STEM Education Approach in Enhancing Higher Order Thinking Skills. International Journal of Academic Research in Bussiness, and Social Sciences. 8 (7): 810-822.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (Eds), (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (2nd Edition) . Rotterdam, The Netherlands: Sense Publisher.

Darmadi, Hamid., Sulha, & Jamalong, Ahmad. (2018). Pengantar Pendidikan (Suatu Konsep Dasar, Teori, dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.

Devi, P. Kamalia, et al. 2019. Materi IHT Instruktur Pelatihan Pembelajaran Berbasis STEM : Kemendikbud SEAMEO Regional Center for QITEP in Science.

Laboy-Rush, Diana. (2010). Integrated STEM Education Through Project-Based Learning. (Online). Diakses dari: www.learning.com/stem/whitepaper/ integrated-STEM-through Project-basedLearning.

Lukitasari, M., Handika, J., & Murtafiah, W. (2018). Higher Order Thinking Skills: Using E-Portofolio in Project-Based Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Conf. Series. 983 012047.

Murnawianto, S., Sarwanto., & Rahardjo, S.B. (2017). Stem-Based Science Learning In Junior High School: Potency For Training Students’ Thinking Skill. Jurnal Pancaran Pendidikan. 6 (4): 69-80.

Mustafa, N., Izmail, Z., Tasir, Z. & Said, M.N.H. (2016). A Meta-Analysis on Effective Strategies for Integrated STEM Education. American Scientific Publisher. 12: 4225-4229.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2017). Analysis Of Student’s Critical Thinking Skill Of Middle School Throght STEM Education Project-Bsed Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7 (1): 54-65.

Sambite, S.C.V., Musajam, M., Widyaningsih, S.W., & Yusuf, I. (2019) Penerapan Project Based Learning Berbasis Alat Peraga untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 7 (2): 141-147.

Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) (Edisi Revisi). Tangerang: Tira Smart.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta cv.

Toto. (2019). STEM-based Science Learning Design in the 2013 Curiculum. IOP Conf. Series: Journal of Physics. Conf. Series 1233. 012094.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :