FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP BERBASIS PESANTREN

Euis Pipieh Rubiana, Dadi Dadi

Sari


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar IPA siswa SMP berbasis pesantren. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 12 - 17 Mei 2014 di SMP Islam Terpadu Miftahul Huda II Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan sampel yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian diambil dengan menyebar angket dengan 18 item pernyataan disertai wawancara secara mendalam kepada siswa sampel terpilih. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar IPA terdiri dari faktor intrinsik yang terdiri kebutuhan, harapan, cita-cita siswa dan faktor ekstrinsik yang terdiri dari penghargaan dan kondisi lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang tidak mempengaruhi motivasi belajar IPA antara lain minat dan kemampuan (intrinsik), dorongan keluarga dan kondisi sekolah (ekstrinsik). Kata kunci: motivasi belajar, faktor intrinsik, faktor ekstrinsik, pesantren

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmadi, A. dan Prasetya, JT. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Hermawan, H. 2010. Teori belajar dan Moti-vasi. Bandung: Citra Praya.

Hermawan, H. 2010. Teori belajar dan Motivasi. Bandung: Citra Praya.

Majid, A. 2013. Strategi Pembela-jaran. Bandung: Rosdakarya

Mulyasa. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Purwanto, N. 2011. Psikologi Pendi-dikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Riwayat Hidup Penulis:

Euis Pipieh Rubiana adalah mahasiswa S1 Prodi.Pendidikan Biologi FKIP Unigal. Dadi adalah Dosen Kopertis Wilayah IV dpk. pada Prodi. Pend. Biologi FKIP Unigal.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :