PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUB MATERI POLA INTERAKSI MANUSIA MEMPENGARUHI EKOSISTEM

Ani Roheni, Yoyon Sutresna, Nur Ilmiyati

Sari


Penelitian ini dilaksanakan dengan metode quasi eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model  pembelajaran discovery learning terhadap pengembangan perilaku ilmiah dan keterampilan proses sains. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 245 siswa di SMP Negeri 3 Ciamis. Sampel yang digunakan yaitu 1 (satu) kelas dengan jumlah siswa 35 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat mengembangkan perilaku ilmiah dan keterampilan proses sains siswa pada Sub Materi Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem. Cantumkan tujuan pada kalimat awal,  lengkapi dengan cara analisis data, kesimpulan dan implikasi Kata kunci:  discovery learning, Keterampilan proses sains, Model pembelajaran, Sikap ilmiah.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Muhibbin, S.(2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung:

PT Remaja Roedakarya

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Salam, B. (2008). Pengantar Filsafat. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widiadnyana, I.W., Sadia, I.W., Suastra, I.W.(2014). Pengaruh Model DiscoveryLaerning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-jurnal program pascasarjana universitas pendidikan Ganesha. Program studi IPA

Ilmi, A.N., Indrowati, M., Probosari, M.N.(2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guide Discovery terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa kelas x SMA Negeri 1 teras boyolali Tahun pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi FKIP UNS.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4417

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA