PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOORDINASI MENGGUNAKAN METODE TGT DI KELAS XI IPA SMA

Rika Rachmayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams–Games–Tournament) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Cimahi tahun pelajaran 2018-2019. Kelas yang digunakan XI MIPA 3 yang didasari oleh hasil observasi yaitu: partisipasi siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran, dominasi siswa tertentu dalam proses pembelajaran, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi (metode tidak bervariasi). Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, tes, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket, dan tes pada siklus I sampai III dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata di setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 pada siklus I (Skor motivasi = 124,86 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 55,07; Aspek afektif = 29,06 (termasuk kategori cukup berminat)). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus II (Skor motivasi = 134,83 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 62,77; Aspek afektif = 37,75 (termasuk kategori berminat). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus III (Skor motivasi = 150,97 (termasuk kategori sangat baik); Aspek kognitif = 76,73; Aspek afektif = 43,83 (termasuk kategori sangat berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Cimahi tahun pelajaran 2018 - 2019. Kata kunci:     motivasi dan hasil belajar biologi, model pembelajaran kooperatif, TGT (Teams–Games–Tournament

Teks Lengkap:

hal 27-33 (Download PDF)

Referensi


Anita Lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

B. Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Cece Wijaya. 2000. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan

Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Endah Sulisytowati, 2015. Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI, Klaten: Intan Pariwara

Etin Solihatin & Raharjo. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Irnaningtyas, 2015. Buku Biologi untuk SMA/MA kelas XI, Erlangga.

Kiranawati. 2007. Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). http://gurupkn.wordpress.com/2007/11/13/metode-team-games-tournament-tgt/

Melvin L. Silberman. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif.

Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Moh. Uzer Usman. 2003. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muflihah. 2004. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Linier dengan Dua Peubah Kelas II SMP N II Surakarta. Skripsi: UMS.

Muslimin Ibrahim, Fida Rachmadiarti, Mohamad Nur & Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika UNESA.

Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Robert E. Slavin. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suhadi. 2008. Angket Model ARCS untuk Mengukur Motivasi dan Minat Belajar Siswa. http://suhadinet.files.wordpress.com/2008/06/angket-model-arcs-untuk-mengukur-motivasi-belajar-dan-minat-belajar-siswa1.pdf

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bina Aksara.

Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Wiji Suwarno. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zainal Aqib. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5366

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA