HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI (SELF REGULATION) DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Hanis Rachna Ningrum, Fitri Aulya, Eka Silvia

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya pengaturan pada diri peserta didik. Beberapa faktor yang dapat mnyebabkan rendahnya hasil belajar pada peserta didik karena mereka masih kurang didalam mengontrol diri pada berbagai proses kehidupannya (Self Regulation). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara regulasi diri (Self Regulation) dengan hasil belajar dikelas XII MIPA 1 di salah satu SMA Islamic Boarding School di Padaherang, Kabupaten Pangandaran yang baru berdiri sekitar 4 tahun lalu tepatnya pada tahun 2015. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh peserta didik di kelas XII MIPA 1 sebanyak 32 orang. Sampel yang diambil dengan cara simple random sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen yang sudah tervalidasi yaitu instrumen yang dibuat berdasarkan indikator Self Regulation menurut Boekaerts (1997). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat dengan hasil nilai r hitung untuk hubungan regulasi diri (X) dengan hasil belajar (Y) adalah sebesar 0,584 sehingga terdapat korelasi sedang antara regulasi diri dengan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Regulasi diri, Korelasi, Peserta didik

Referensi


ggrayani, A. (2017). Hubungan Regulasi Diri (Self Regulation) Dalam Belajar Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Lampung : Tidak dipublikasikan

Ahmar, Dewi Satria. (2016). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA Se-Kabupaten Takalar. Jurnal Sainsmat, Vol. V, No. 1 : 7-23

Alfina, I. (2014). Hubungan Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa

Akselerasi (SMA Negeri 1 Samarinda). Universitas Mulawarman.

Benjamin S., Bloom. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen Revisi

Taksonomi Pendidikan Bloom. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Fitriya& Lukmawati. (2016). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna Palembang. UIN Raden Patah.

Hasanah, U., et. al. (2016). Hubungan Regulsi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Universitas Muhammadiyah Lampung.

Hastuti, R., et. al. (2019). Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba. Jurnal Al-Ahya, Volume 1 Nomor 2 : 42-52

Hernawan, E. (2019). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan.Universitas Siliwangi. Rahayu,

R. Yusmansyah. et. al. (2017). Hubungan Anatara Regulasi Diri Dengan Prestasi Belajar

Siswa. Universitas Lampung

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R and D. Bandung : Alfabeta.

Sari, Khoiriyatul Wulan. (2018). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas Xi Ips SMA Negeri Ambulu. Skripsi. Universitas Jember : Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5992

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA