PROFIL KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL KELAS X, XI DAN XII PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI TASIKMALAYA

Tiara Putri Kusuma, Rati Aprianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil kemampuan literaai digital siswa kelas X, XI dan XII  pada mata pelajaran Biologi di Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X, XI dan XII di Tasikmalaya tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 121 yang terdiri dari 34 siswa kelas X, 52 siswa kelas XI dan 35 siswa kelas XII. Samping menggunakan Teknik stratified random sampling, yakni yang menjadi sampel adalah siswa kelas X , XI dan siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner, observasi dan wawancara. Hasil temuan data disajikan kedalam 4 aspek sesuai dengan kuesioner yang telah disebarkan kepada para responden. Adapun empat aspek tersebut antara lain : pencarian di internet (internet searching), pandu arah hypertext (hypertextual navigation), evaluasi konten informasi (content evaluation), serta penyusunan pengetahuan (knowledge assembly). Oleh karena itu untuk kemampuan literasi digital di kelas X, XI dan XII pada mata pelajaran Biologi sudah tergolong tinggi dengan total skor rata-rata sebesar 5,40. Kata kunci : Kemampuan Literasi Digital, Deskriptif kuantitatif, Biologi

Teks Lengkap:

Hal 39-44 (Download PDF)

Referensi


Ary, Donald, dkk. 2002. Introduction for Research in Education. Amerika: Wadsworth.

Ayuni, Qory Qurratun. 2015. “Literasi Digital Remaja di Kota Surabaya (Studi Deskriptif tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa di Kota Surabaya” pada Libri-Net Vol. 4 No. 2 September 2015 diakses dari http://journal.unair.ac.id/literasi-digital-remaja-di-kota-surabaya-article-9195-media-136-category-8.html

Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of documentation, 57(2), 218-259.

Faisal, Sanapiah. 2005. Format-format Penelitian Sosial: Dasar-dasar dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gui, Marco dan Gianluca Argentin. 2011. “Digital skills of internet natives: Different forms of digital literacy in a random sample of northern Italian high school students”. Dalam New Media Society Volume 13 issue 6. Diunduh dari http://nms.sagepub.com/content/13/6/963.full.pdf+html

Martin, Allan. (2008). Digital Literacy and the ‘Digital Society’ dalam Lankshear, C and Knobel, M (ed). Digital literacies: concepts, policies and practices. Die Deutsche Bibliothek https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5994

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA