PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MIPA

sutrisno sutrisno

Sari


Pembaharuan dalam meningkatkan kreatifitas guru perlu dilakukan dalam pengelolaan proses pembelajaran biologi di kelas XI MIPA SMAN 5 Cirebon. Siswa kurang berani bertanya, siswa kurang menguasai keterampilan proses sains, siswa cenderung pasif, rendahnya nilai rata-rata 57 (KKM = 75). Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa lebih aktif perlu adanya strategi dalam kreatifitas guru. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Hasil pengamatan kinerja guru dan aktivitas siswa berupa data kualitatif, sedang hasil test tulis ulangan berupa data kuantitatif. Hasil penelitian: (1) keterlaksanaan kinerja guru  di siklus I; 80,5% (baik) dan di siklus II; 91% (sangat baik) peningkatan 10,5 (2) aktivitas siswa meningkat di siklus I; 71,5% (cukup) dan di siklus II; 90,8% (sangat baik) ada peningktan 19,3% (3) peningkatan persentase ketuntasan belajar di siklus I; 54,5% (18 siswa) dan di siklus II; 90,9% (30 siswa) meningkat sebesar 36,4% (12 siswa), nilai rata-rata meningkat sebesar 10,7 di siklus I; 69,5 dan di siklus II; 80,2. Simpulan hasil belajar meningkat pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Student Teams Achievement Division (STAD) melalui pendekatan inkuiri terbimbing di kelas XI MIPA 2.” Kata Kunci:           Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division); Inkuiri terbimbing; Hasil belajar siswa; Aktivitas siswa

Teks Lengkap:

hal 1-9 (download PDF)

Referensi


Arikunto, Suharsimi.,dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cut Ika Chairinda, Ngadimin, Soewarno. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 1 pada Materi Getaran Harmonis di SMAN 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.1 Januari 2017, 70-76

Dalima Siregar. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir. SEJ (School Education Journal) Vol. 8. No 3 Desember 2018

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: PT. Rinka Cipta.

Djuhaenah,E. (2016). PENERAPAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR INDUKSI MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pro Guru, Volume 2 Nomor 2, Hal: 237-247.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayatullah, S.P. (2018). PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) Vol 3 No.2, 270-279.

Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 11, 2158-2162.

M. Nanang Burhannuddin, Dewi Jumiarni, dan Sri Irawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 3 (2): 222-229.

Prameswari, R., & Suyanto, T. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBEM BASED INSTRUCTION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA KARTIKA IV-3 SURABAYA”. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 05 No 01, Hal: 302-317.

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7, 106-110.

Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, AM. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Rosdakarya.

Suherman, A., & Susanti, Y. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Expository Dengan Tipe Discovery Terhadap Hasil Belajar. Journal Civics and Social Studies, 102-111.

Suripta, S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Model Guided Discovery Learning Dengan Metode Praktikum Kelas XI – IPA SMAN 106 Jakarta. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 136-163

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2.6074

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA