ANALISIS BERBAGAI STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG DAPAT MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Euis erlin, Adi Rahmat, Sri Redjeki, Widi Purwianingsih

Sari


Pada saat ini salah satu permasalahan yang ditemukan dalam dunia pendidikan adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Harapan para siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi masih belum terealisasi.Salah satu faktor penyebab masalah ini adalah tidak memiliki kemampuan untuk membuat pengaturan yang tepat dalam belajar. Hal ini tentu terkait dengan kemampuan metakognitif yang dimiliki siswa tersebut. , yaitu komponen pengaturan (regulation ) dalam metakognitif yang meliputi aspek  perencanaan sebelum belajar (planning), pemantauan selama belajar (monitoring), dan melakukan evaluasi setelah belajar (evaluating) dalam setiap kegiatan belajar. Kajian ini bertujuan memberikan gambaran dari hasil-hasil penelitian tentang   berbagai strategi atau model pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan metakognitif pada bidang sains. Metode yang dilakukan yaitu analisis jurnal-jurnal Nasional dan Internasional tentang pembelajaran metakognitif. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa beberapa jenis strategi dan model pembelajaran dapat memberdayakan kemampuan metakognitif, hanya pada beberapa jurnal tersebut tidak memberikan penjelasan yang spesifik tentang aspek-aspek sebagai instruksi yang melatih siswa untuk memiliki kemampuan metakognitif.  Kata Kunci : Metakognitif, model pembelajaran, strategi pembelajaran

Teks Lengkap:

hal 30-40 (Download PDF)

Referensi


Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning,Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc

Boulware-Gooden, R., Carreker, S., Thornhill, A., & Joshi, R. (2007). Instruction of Metacognitive Strategies Enhances Reading Comprehension and Vocabulary Achievement of Third-Grade Students. The Reading Teacher, 61(1), 70-77.

Chikmiyah, 2012, Relationship Between Metacognitive Knowledge And Student Learning Outcomes Through Cooperative Learning Model Type Think Pair Share On Buffer Solution Matter, Journal of Chemical Education, Vol I No.1

Corebima, A, D. 2007. Pemberdayaan Kontruktivisme dan strategi Metakognitif pada Perkuliahan Genetika Di Jurusan Biologi UM. (Laporan Teaching Grant. Universitas Negeri Malang)

Diella, D. (2014). Hubungan Kemampuan Metakognisi dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.Tesis. Tidak dipublikasikan

Ellis Arthur K. , David W. Denton, John B, 2013, sAn analysis of research on metacognitive teaching strategies, J Procedia - Social and Behavioral Science Vol.116 ( 4015 – 4024 )

Flavel, J.H.1979 Metacognition And Cognitive Monitoring, A New Area Of Cognitive”. Development Inquiry. J American Phys. 34 p 906-911

Gurcay D, Ozturk H, 2018 , High School Students’ Critical Thinking Related to Their Metacognitive Self-Regulation and Physics Self-Efficacy Beliefs , Journal of Education and Training Studies, vol.6,No.4

Griffin, P., McGaw, B. and Care, E. (eds). 2012. Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht, NL, Springer.

Hill Kendra, Volker S. Brözel, Greg A. Heiberger, 2014 , Examining the Delivery Modes Of Metacognitive Awareness and Active Reading Lessons in a Collage Non majors Introductory Biology Course, J of Micro & Bio Edu,, p 5-12

Haryani, S. (2011). Pengembangan Model Praktikum Kimia Analitik Instrumen Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Metakognisi Mahasiswa Calon Guru. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Disertasi. Tidak dipublikasikan

Kevin Downing et,al, 2011, Impact of problem-based learning on student experience and metacognitive development, Multicultural Education & Technology Journal 5(1):55-69

Kipnis M, 2008, The Inquiry Laboratory as a Source for Development of Metacognitive Skills, International Journal of Science and Mathematics Education 6(3):601-627

Lai, E.R. (2011). Metacognition: a Literature Review. (Online) Tersedia:www.pearsonassessment.com/.../metacognition_literature_review_Final.pd f.(20 Maret 2017).

Livingston, J.A. (1997). Metacognition: An Overview Jennifer A.Livingston. (Online) Tersedia: http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.htm. (15 Maret 2017)

Marheny L et,al.(2014) ,Lesson Study in Improving the Role of e-Fortofolio on The Metacognitive Skill and Comprehension : A Study on Cell Biology Subject in IKIP PGRI Madiun Indonesia, American Journal of Educational Research, vol 2, No 10 : 919 – 924

Murtadho, Fathiaty. 2013. Berpikir Kritis dan Strategi Metakognisi: Alternatif Sarana Pengoptimalan Latihan Menulis Argumentasi. Makalah Disampaikan pada 2 nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE 2013). [online]. Tersedia : educ.utm.my/wpcontent/uploads/2013/11/71.pdf. [12 Januari 2016]

Marzano, Kendall,2008, Designing Educational Objectives Thousand Oaks California, Corwin Press

Magno, C. (2010). The Role of Metacognitive Skills in Develoving Critical Thinking. (online) Tersedia: http//www.academia.edu. (20 Maret 2017)

Mynlieff Michelle et,.al, 2014 Writing Assignments with a Metacognitive Component EnhanceLearning in a Large Introductory Biology Course .J Life Sci. Edu 13 p 311-321

Nathan et,al, 2018, Curricular Activities that Promote Metacognitive Skills Impact Lower- Performing Students in an Introductory Biology Course,Journal of Microbiology & Biology Education , vol 19, No 1

Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Erlangga.

Siegesmund A., 2017 , Using self Assessment to develop Metacognition and Self Regulated Leaners, FEMS Journal 364

Sastrawati, Eka. dkk. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan

Ketermpilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi, 1 (2). [ online ].

Sevil Büyükalan Filiz, , Mustafa Erol, Ahmet Erol, 2018. Investigating the Correlation between the Frequency of Using Metacognitive Reading Strategies and Non-routine Problem Solving Successes in Fith Grade Students, Universal Journal of Educational Research 6(8): 1795-180

Setiawan, Susilo,2015, Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi melalui Penerapan Jurnal Belajar dengan Strategi Jigsaw dipandu PBL Berbasis Lesson Study pada Mata Kuliah Biologi Umum, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Pendidikan Biologi UM, Malang.

Sumampouw, H, M. 2010. Pembelajaran Genetika berbasis Metakognitif. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional di FMIPA UM. Tema Peran MIPA dalam Mengem-bangkan Teknologi dan Pendidikan Karakter.

Sumampouw, 2011, Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Genetika (Artikulasi Konsep dan Verifikasi Empiris), Bioedukasi,Volume 4, Nomor 2 ,FPMIPA, Universitas Negeri Manado

Simamora, Merry C.dkk. 2014. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Asessment Pemecahan Masalah di SMA Negeri 5 Kota Jambi. [Skripsi]. FKIP Universitas Jambi. Tidak diterbitkan.

Taccasu Project, 2008, Metacognition, tersedia pada : http://www.careers.hku.hk./taccasu/ref/metagogn.htm, diakses pada 19 Mei 2018

Tosun C, Senocak E, 2013 , The Effect of Problem Based Learning on Metacognitive Awareness and Attitude Toward Chemistry of Prospective Teachers With Different Academic Background, Australian Journal of Teacher Education, vol.38, no.3

Vello A. et.al 2015 Assessing Matriculation Colledge Students’Metacognitive awareness Reading Strategies (MARS) in Biology, Rev. of European Studies

Veloo A, Mariam A Rani & Hariharan, 2015 The Role of Gender in the Use of Metacognitive Awareness Reading Strategies among Biology Students. J Asean Social Science. 11 p 67-73

Yasushi Gotoh, 2016, Development of Critical Thinking With Metacognitive Regulation , Inter. Conf. on Cognition and Exploratory J ( CELDA,2016) p 353 -356




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2.6383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA